MPU Tabrak Pohon Asem, 6 Penumpang Terluka


Lumajang, memo


Gara – gara sopir ugal-ugalan dan kurang waspada. Sebuah mobil penumpang umum kemarin pagi, Selasa (29/5) menabrak pohon tepi jalan. Peristiwa ini terjadi pukul 7.15 WIB di jalan Raya Sukodono, pertigaaan arah Desa Dawuhan Lumajang.
Menurut Asmat, salah satu tukang becak yang mengetahui peristiwa ini, saat di konfirmasi di tempat kejadian menjelaskan. Mobil yang bermuatan 7 penumpang  itu melaju dari timur menuju ke Lumajang, saat itu MPU tersebut hendak mendahului mobil yang berada di depannya. Namun karena kurang waspada  MPU ber Nopol N 7172 NY yang dikemudikan Mujiono (35), asal Desa Ranuyoso itu mungkin tidak tahu kalau tikungan. 
Saat mobil sudah posisi menyalip, dari arah berlawan sebuah mobil melaju dengan kecepatan cukup tinggi. “Mungkin sopir MPU panik, dan membanting setir ke kiri, apesnya MPU itu malah menabrak pohon dan nerobos pagar rumah warga”. Beber Samat.
Peristiwa ini membuat warga sekitar kejadian berhamburan datang untuk memberikan pertolongan.  Sesampai di lokasi kejadian, warga sempat bingung dan panik karena melihat korban dalam mobil tersebut cukup banyak.
Tak pelak, akibat benturan keras pada mobil MPU tersebut, kondisi bagian depan MPU ringsek, sementara usai terjadi benturan, terdengar jeritan dari penumpang yang berada di dalam MPU.
Warga yang melihat kejadian tersebut lantas mendekat untuk memberikan pertolongan, warga kemudian mengevakuasi  korban agar bisa keluar dari dalam mobil, dan melarikannya ke Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang.
Sedang satu penumpang yang terjepit pada body mobil bagian depan berhasil di evakuasi setelah petugas satuan lantas Polres Lumajang datang. Proses evakuasi inipun berjalan cukup lama karena masih membutuhkan beberpa peralatan manual.
Mujiono, sopir MPU ketika dikomfirmasi Memo di Sat Lantas menerangkan, awalnya ia mau menyalip mobil yang didepannya. “Ketika saya sudah masuk kekanan dari arah berlawanan ada sebuah mobil melaju cukup kencang, membuat saya panik dan membanting setir ke kiri Mas.”ungkap Mujiono.
Jumlah penumpang yang terlaku dalam kejadian itu ada 6 orang, masing-masing  Esu (40), asal Desa Gunung Tengu, Kecamatan Ranuyoso,  Usman Suhut (45), asal Desa Meleman, Probolinggo, Imam Suyono (60), asal Jl. Kauman Klakah, Nur asmi (40), asal Desa Grobokan, Kecamatan Klakah, Sana’i (50), asal Desa Gunungtengu, dan Azahra Safira (12), pelajar salah satu SMP Negeri di Lumajang.
Setelah penumpang terevakuasi semuanya dan mendapatkan perawatan medis dari Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang. Dari keenam penumpang itu, hampir rata-rata menderita jahitan akibat luka-luka yang dialminya.
Kanit laka Satlantas Polres Lumajang Aiptu Gunawan saat dikomfirmasi memo  diruang kerjanya menerangkan, kalau kejadian kecelakaan tadi pagi di sebabkan oleh kelalaian dan kurang waspadanya sopir MPU itu sendiri. “Sudah tahu tikungan masih saja ingin mendahului kendaraan yang didepannya.” Ujar Aiptu Gunawan.
Meskipun peristiwa  kecelakaan tadi pagi sempat menggegerkan warga sekitar, namun tidak sampai menelan korban jiwa. “Pada pemakai jalan raya baik roda dua ataupun roda empat, hati – hati dalam berkendara jangan sampai tersulut emosi , hargai pemakai jalan yang lain serta pastikan agar dalam berkendara pada posisi aman sehingga  selamat sampai tujuan”.ungkapnya.(st7)