Lagi, Warga Pasrujambe meninggal Di Malaysia


Keluarga Yang Ditinggalkan Misnoto
Lumajang, Memo
            Hanya berselang satu malam, Kecamatan Pasrujambe, mendapat kiriman dua jenazah TKI yang meninggal di Malasysia. Jika sebelumnya TKI meninggal karena kecelakaan, kali ini  TKI tersebut meninggal di negeri Jiran karena mengalami sakit.
            Misnoto (40), TKI asal Dusun Carangkuning, Desa Jambekumbu, Kecamatan Pasrujambe, meninggal di Malaysia lantaran penyakit yang di deritanya. Misnoto sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Malaysia hampir satu bulan lamanya.
            Budimah (35), Istri Misnoto yang itu di dampingi kedua anaknya, terlihat kondisi melemah karena shock atas kejadian yang menimpa suaminya tersebut. Namun dalam kondisi lemah dan terbata-bata Budimah mengaku mengetahui kematian suaminya kerena di telpon majikan suaminya.
“Majikannya telepon dengan nomor suami saya, dia mengabarkan kalau suami saya sudah meninggal dunia lantaran sakit. Bahkan majaikan suami saya juga menjelaskan jika sebelumnya sempat dirawat selama sebulan,” terang Budimah sambil tertunduk.
Atas kematian suaminya tersebut, majikan suami saya telah melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia yang berada di Malaysia untuk proses pengurusan pemulangan jenazah.
Bahkan semua pembiyaan ditanggung sepenuhnya oleh majikannya hingga jenazah sampai tiba dirumah duka. Budimah mengaku tak pernah terpikirkan sama sekali jika suaminya bakal meninggal secepat itu.
            Jenazah Misnoto tiba dikampung halaman dini hari kemarin, dengan disambut hujan air mata oleh keluarga, sanak saudara serta tetangga yang sudah menunggu sejak tadi pagi.
Karena banyaknya kejadian TKI yang tewas di Negara Malaysia organ tubuhnya di duga banyak yang di jual, semua keluarga akhirnya sepakat memeriksa jenazah Misnoto, karena khawatir mengalami nasib serupa.
            Diketahui dalam pemeriksaan saat itu, tak ada sedikitpun tubuh jenazah yang mengalami sobekan atau jahitan sehingga pihak keluarga sepakat untuk selanjutnya  jenazah Misnoto dimakamkan.
Budimah yang kondisinya masih lemah memilih untuk tidak nemui tamu yang dating. Menurutnya suaminya itu membawa kenangan tersendiri bagi keluarga besarnya yang tak bisa ia lupakan.    
            Diketahui, Misnoto selain meninggalkan  istri juga meninggalkan kedua anaknya yang semuanya masih kecil-kecil. Hal inilah yang  membuat Budimah semakin shock di menghadapai kenyataan pahit tersebut.(St7)