Dibacok, Tas Berisi Uang 50 Juta Dirampas


Lumajang, Memo
Sungguh tragis nasib yang dialami oleh Ena alias Najib (60), warga Dusun Klakah tengah, Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso. Ketika hendak pulang dari pasar hewan, tiba-tiba di jalan dihadang oleh 5 orang tak dikenal yang kemudian membacoknya, lalu tas yang berisi uang dirampas oleh salah satu pelaku.
Peristiwa itu terjadi pada Selasa (8/5) malam, sekitar pukul 21.00 Wib. Ketika itu Najib dan kedua temanya masing-masing bernama Karseh (50), dan Yaton (40), ketiganya berjalan  pulang dari pasar hewan yang ada di Kabupaten Probolinggo.
Malam itu kondisi jalan yang dilalui sedikit sepi dan agak gelap. Tiba-tiba ketiganya dihadang oleh 5 orang tak dikenal dengan menggunakan cadar. Kelima pelaku membawa senjata tajam berupa Clurit dan potongan kayu untuk mengancam korban.
Kemudian, 2 dari 5 pelaku tersebut mendekat dan  minta agar ketiganya segera menyerahkan uang yang dibawa sambil mengancam akan membunuh jika melawan. Tapi korban tidak menyerah begitu saja, lalu salah satu dari pelaku kemudian menyabetkan cluritnya kepunggung dan kepala Najib.
Akibatnya korban langsung jatuh tersungkur ke tanah,  kemudian salah satu dari pelaku bergegas mengambil tas pinggang yang berisi uang sebesar Rp. 50 juta yang dibawa korban. Melihat kejadian itu, kedua rekan korban tidak bisa berkutik karena keduanya dibawa ancaman senjata tajam.
Sedangkan Karsih, teman korban yang ketika itu hendak menolong, kepalanya sempat dipukul oleh pelaku dengan menggunakan kayu sengon. Setelah mengambil uang korban, lalu kelima pelaku langsung kabur dan menghilang dikegelapan malam.
Mengetahui rekannya luka parah, akhirnya Karsih dan Yaton langsung memberi pertolongan dan minta bantuan warga setempat untuk melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polsek Ranuyoso. Selang beberapa waktu kemudian petugas dari Polsekpun datang dan membawa korban terluka ke Puskesmas Ranuyoso.
Sementara itu, kapolsek Ranuyoso, AKP Sugiyanto, SH. Ketika dikonfirmasi Memo, diruang kerjanya membenarkan tentang peristiwa perampokan tersebut dan sekarang sedang melakukan penyelidikan dan pengembangan terhadap kelima pelaku.
“Dalam hal ini, kami masih melakukan penyelidikan dan pengembangan terhadap pelaku sesuai dengan keterangan dari kedua saksi yang mengetahui kejadian tersebut,” tegas Kapolsek.(st6/st7)