Lumajang Sabet Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tingkat Nasional

Lumajang, Memo_Kabupaten Lumajang kembali menorehkan prestasinya dalam bidang inovasi pelayanan publik tingkat nasional di tahun 2015. Penghargaan bergengsi yang diserahkan oleh wakil Presiden Republik Indoensia HM. Jusuf Kalla, langsung diterima oleh Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag di Gedung Bidakara Jakarta pada Rabu (29/4) sekitar pukul 17.00 WIB.
penghargaan

Kabag Organisasi Pemkab Lumajang Mansur Hasan kepada Memo mengatakan, penghargaan bergengsi diterima sendiri oleh Bupati Lumajang, sementara untuk penyelenggara proses penghargaan itu dilakukan oleh Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpan). “Penghargaan Ini dari Menpan mas,” tutur Kabag Organisasi Pemkab Lumajang.

Kategori penghargaan sendiri yang diraih oleh Kabupaten Lumajang adalah dalam kategori kesehatan, yang merupakan bentuk pelayanan kesehatan ditingkat puskesmas. Untuk kategori ini, ada 4 kabupaten yang mendapatkan penghargaan itu antara lain Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten  Banyuwangi dan Kabupaten Lumajang sendiri.

“Ada 4 Kabupaten yang mendapat penghargaan khusus untuk kategori bidang inovasi pelayanan publik. Kategori penilaian sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh Tim gabungan pemerintah Pusat bersama pemerintah Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Menurutnya, saat tim gabungan tersebut melakukan penilaian di wilayah kabupaten Lumajang beberapa waktu yang lalu, pihaknya sangat optimis sekali jika Kabupaten Lumajang akan meraih nilai maksimal dan menduduki peringkat terbaik mengingat kesiapan untuk program inovasi pelayanan publik yang sudah berjalan sangat maksimal.

“Dari awal kami sangat optimis jika kabupaten Lumajang akan menduduki peringkat teratas dari sekian Kabupaten dan Kota se-Indoensia. Alahmdulillah, berkat kerja keras dan kekompakan semua pihak akhirnya Kabupaten Lumajang berhasil meraih penghargaan dari wakil Presiden RI dalam kategori inovasi pelayanan publik terbaik tingkat nasional, ini prestasi yang sangat luar biasa mas,” ungkapnya.

Masih kata Kabag Organisasi, pihaknya berharap agar masyarakat bisa ikut serta mendorong pelayanan publik secara umum di Lumajang agar menjadi lebih. Tanpa partisipasi semua pihak, Kabag Organisasi mengaku, proses pelayanan publik yang baik sulit untuk dilakukan.

“Dalam waktu dekat, kabupaten Lumajang diikutsertakan pada lomba inovasi pelayanan publik tingkat internasional. Mudah-mudahan Kabupaten Lumajang ini bisa meraih nilai terbaik, semuanya untuk Kabupaten Lumajang dan Indonesia,” pungkas Kabag Organisasi Mansur Hasan. (cho*)