Atasi Curwan, Warga Pilih Pihak Ketiga

Lumajang, Memo_Sejak 3 bulan terakhir ini, aksi pencurian sapi marak terjadi di wilayah Desa Purworejo, Kecamatan Senduro. Kondisi ini membuat beberapa warga tempatan yang memiliki ternak sapi resah dan khawatir sapi yang dipeliharanya juga menjadi sasaran para pelaku. Beberapa warga  memilih menjual sapinya meski dengan harga rugi.
Kapolsek Senduro, AKP Bunamin

Pencurian sapi di Desa Purworejo belakangan ini, sering terjadi. Kemarin 4 ekor sapi milik tetangga sebelah rumah, raib dicuri maling. Alhamdulillah, 3 ekor ditemukan di curah Desa Barat, Kecamatan Padang dan 1 ekor lagi amblas. Kalau sapi punyaan saya tak segera dijual dengan harga murah, khawatir menjadi sasaran pelaku berikutnya Mas,” tutur Samsuri.

Ketika ditanya apakah warga melaporkan kejadian yang dialaminya tersebut, dengan santai Ali menyampaikan warga enggan melapor ke polisi karena malas menjalani proses pemeriksaan. ”Selama ini warga lebih percaya kepada pihak ketiga dengan memberikan imbalan jika sapi yang hilang ditemukan,” terang Samsuri.

Ali juga menambahkan, wilayah Desa Purworejo menjadi tidak aman dan sering diserbu maling sapi, lantaran tidak aktifnya siskamling di masing-masing dusun yang ada, sehingga ada kesempatan bagi pelaku untuk melancarkan aksinya mencuri sapi warga.

Aman tidaknya desa itu, tergantung pada Bapak Kepala Desa bersama stafnya. Kuncinya, Kades bersama stafnya harus bisa merangkul semuanya. Baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat juga bola hitam, insalloh desa akan aman,” tambah Ali.

Hentikan Pungli Pasir!

Sementara itu, Kapolsek Senduro, AKP Bunamin mengatakan, aksi pencurian sapi terjadi di mana-mana termasuk di wilayah Desa Purworejo. Sampai saat ini, pihaknya belum menerima laporan perihal curwan itu, baik dari korban maupun dari warga setempat.

Kami sudah melakukan patroli secara maksimal, di seluruh wilayah Desa se-Kecamatan Senduro. Maling itu ada di mana-mana, ketika melihat kami bersama anggota melakukan patroli di wilayah timur, wilayah barat yang digarap. Kami sudah bikin strategi baru dan mudah-mudahan berhasil menggulung pelaku curwan itu,” tegas AKP Bunamin. (cho)