Ratusan Warga Kembali Terima CSR Dari PT. IMMS


Lumajang, Memo
            Ratusan warga Dusun Kajaran, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Sabtu (12/5) sekitar pukul 15.00 menerima Corporate social responsibility (CSR) dari PT Indo Modern Minning Sejahtera (IMMS) untuk yang kedua kalinya.
            CSR tersebut dibagikan oleh PT. IMMS kepada 190 kepala keluarga dengan nilai per CSR sebasar Rp. 500 ribu. Tak hanya itu pembagian CSR kali ini, PT. IMMS menambahkan bantaun operasional sekolah bagi 88 siswa sekolah dasar, masing-masing menerima Rp. 50 ribu perbulannya.
            Ada beberapa penambahan yang dilakukan oleh PT. IMMS sebagai bentuk  tanggungjawab mengelola pertambangan di desa setempat. Ada penambahan bantuan CSR yang saat ini masih dalam tahap pendataan.
            Yang jelas, pada bulan mendatang saat dibagikan CSR untuk kali ketiganya, PT. IMMS akan kembali memberi bantuan CSR bagi anak-anak Balita.”Khusus untuk Balita nanti akan kita beri bantuan susu formula,” ungkap Agus Amir Subhan Ketua Devisi Pemberdayaan Masyarakat PT. IMMS.
            Sejumlah agenda telah dipersiapkan oleh PT. IMMS sebagai bentuk tanggungjawabnya pada masyarakat sekitar pertambangan. Namun, untuk itu semua CSR akan diukur dari jumlah produksi tiap bulannya.
            Khusus untuk bantuan operasiaonal sekolah, yang saat ini baru diterima oleh 88 siswa sekolah dasar. Kedepan data tersebut akan lebih di valid-kan, karena diperkirakan akan lebih dari 88 siswa sekolah dasar ada di Dusun Kajaran.
            Tak hanya siswa sekolah dasar saja yang bakal menerima tunjangan, menurut Agus, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan bagi siswa SLTP dan SLTA. “Nantinya siswa SLTP dan SLTA juga akan menerima tunjangan operasional sekolah,” ungkap Agus.
            Nilai bantua bagia siswa SLTP dan SLTA berbeda dengan siwa SD. Jika siswa SD menerima Rp 50 ribu, nantinya SLTP akan menerima Rp. 100 ribu sedangkan siswa SLTA akan menerima bantuan sebasar Rp. 150 ribu.
            Tak cukup hanya disitu saja, PT. IMMS saat ini juga tengah melakukan pendataan bagi warga lanjut usia (Lansia) yang ada di Dusun Kajaran. Kedepan nantinya warga Lansia ini juga akan mendapat CSR dari PT. IMMS.
            Bukan tanggungjawab habis hanya sampai disitu saja, beberpa agenda pembangunan sarana prasarana bagi masyarakat juga telah diagendakan oleh PT. IMMS. Dan itu akan segara direalisasikan karena menjadi kebutuhan masyarakat setempat.
            Beberpa pembanungan yang saat ini tlah diagendakan oleh PT. IMMS ialah, nantinya PT. IMMS akan melakukan renovasi serta pembangunan tempat ibadan di Dusun setempat. Selain itu juga akan dilakukan pembangunan klinik kesehatan.
            Kondisi medan yang sulit serta jauhnya Dusun Kajaran dari kota Kecamatan membuat PT. IMMS akan menyegerakan membangun klinik kesehatan.”Kasihan kalau warga sini sakit, kalau mau dibawa ke kota masih jauh sekali jaraknya,”papar Agus.
            Dengan dibangunnya Klinik kesehatan ini, nantinya agar bisa digunakan oleh warga setempat dengan sebaik-baiknya. Yang jelas menurut Agus yang saat itu bertindak mewakili PT. IMMS berharap apa yang diberikan oleh perusahaan dapat bermanfaat bagi masyarakat.
            Bentuk kepedulian yang lain menurut Agus, sudah puluhan warga setempat dilibatkan menjadi Karyawan PT. IMMS dan tidak menutup kemungkinan kedepan akan bertambah kembali. “Kita melihat perkembangannya nanti,” jlentrehnya lagi.
            Sementara menurut Gogel Sugiono Kasun Kajaran mengaku senang dengan CSR yang diberikan oleh PT. IMMS, CSR ini menurut Gogel telah ditunggu-tunggu oleh warga di dusunnya.”Masyarakat senang dan ini memang yang kita tunggu-tunggu,” terang Gogel.
            Lebih jauh Gogel juga membenarkan kalau PT. IMMS akan melakukan penambahan betuk CSR pada warganya.”Yang jelas kita masih mendata  untuk penambahan CSR-nya,” ungkap Gogel lagi.(ami/Adv)