Pencurian Sapi, 1 Melawan, 5 Pelaku Angkat Tangan


Lumajang, Memo_Aksi pencurian sapi milik Tinarwi (35), warga Dusun Paras Goang, Desa Pandanarum, Kecamatan Tempeh, berhasil digagalkan oleh Tim Walet Polres Lumajang, Jum’at pagi (28/8), sekitar pukul 03.00 WIB. di sekitaran Jalan Raya Tempeh.
pencurian sapi limosin

Selain berhasil mengamankan enam pelaku yang identitasnya masih dirahasiakan guna pengembangan, petugas juga mengamankan 4 barang bukti (BB), seperti dua ekor sapi limusin warna hitam dan merah, dua buah celurit lengkap dengan kerangka kulit warna hitam dan coklat, sebuah kendaraan Daihatsu Taft GT, warna hitam Nopol N 1173 YK dan sebuah truk Colt Diesel warna kuning, Nopol Z 8996 NF.

Kasat Reskrim POLRES Lumajang, AKP Heri Sugiono, SH. MH kepada sejumlah media mengatakan, tertangkapnya komplotan maling sapi yang berjumlah 6 pelaku ini berawal dari laporan korban yang menyampaikan, dua ekor sapi limusinnya raib dicuri maling.

Berangkat dari laporan itulah, Tim Walet yang membawa tugas memberantas aksi curwan, langsung bergerak cepat melakukan penyisiran dan penghadangan di sejumlah ruas jalan Kecamatan Tempeh, menuju Kecamatan Kunir dan Kecamatan Pasirian, juga Kecamatan Sumbersuko.

Dasar lagi mujur, sejam kemudian pihaknya melihat sebuah truk berjalan dari selatan menuju ke utara di Jalan Raya Kecamatan Tempeh, dibuntuti oleh kendaraan Daihatsu Taft GT warna hitam. Karena ciri-ciri sama seperti yang disampaikan korban, pihaknya langsung menghentikan dua kendaraan dimaksud.

Timan, Mantan Kasun Meringkuk di Tahanan

Tapi sayang, dua kendaraan ini justru tancap gas. Kecurigaan petugas bertambah yakin jika itu komplotan maling sapi. Pihaknya terus melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan di sekitar kantor Desa Tempeh Lor. Saat hendak digeledah, pelaku berinisial R warga Kecamatan Randuagung, menyerang petugas dan nyaris melukainya.

Alhamdulillah, pelaku berinisial R itu berhasil dilumpuhkan dengan timah panas pada salah satu kakinya. Sedang lima pelaku yang lain langsung menyerahkan diri pada petugas. “Pelaku R masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara, sedang lima pelaku yang lain masih menjalani proses pemeriksaan dari penyidik unit Reskrim Polres Lumajang. Kasus ini, masih kami kembangkan Mas,” pungkas Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Heri Sugiono. (cho)