B29 Ramai, Warga Bak Ketiban Berkah

Lumajang, Memo_Lokasi wisata puncak B 29, yang lebih dikenal dengan wisata di atas awan, yang terletak di Dusun Puncak Desa Argosari, Kecamatan Senduro, tidak pernah sepi akan pengunjung. Setiap Hari Sabtu dan Minggu, sejak beberapa bulan terakhir ini bisa dipastikan jumlah pengunjung yang datang dari berbagai daerah mencapai ratusan hingga ribuan orang.
wisata di atas awan

Sebagian pengunjung datang dengan menggunakan sepeda motor, sebagain lagi datang menggunakan kendaraan pribadi. Membludaknya pengunjung lokasi wisata B 29 akhir-akhir ini membawa keberuntungan tersendiri bagi masyarakat setempat dan dimanfaatkan untuk membuka lapangan pekerjaan baru, dengan membuka usaha seperti warung kopi dan jajanan. Sebagian warga lagi ada yang menjadi tukang ojek khusus untuk antar jemput menuju lokasi B 29.

“Semenjak B 29 menjadi lokasi wisata dan ramai pengunjung, selesai bekerja di kebun saya nyambi menjadi tukang ojek khusus antar jemput ke B 29. Ya lumayan Mas, setiap hari sejak beberapa bulan terakhir ini saya mempunyai penghasilan tambahan antara 30 hingga 40 ribu perhari,” tutur Ponaji.

Meski kondisi jalan menuju puncak B 29 masih belum mendukung alias rusak, namun setiap hari pengunjung dari berbagai kota terus berdatangan. Dan tidak sedikit pengunjung yang bermalam di sekitaran lokasi wisata puncak B 29 dengan berkemah. ”Kalau Sabtu malam Minggu, jumlah pengunjung tidak hanya ratusan, melainkan ribuan. Kalau malam saya keliling di tenda-tenda kemah jualan mie sedap, rokok, kopi dan jajanan Mas,” jelasnya.

Ogah Lapor, Takut Disatroni Lagi

Masih kata Ponaji, kabarnya jalan menuju puncak B 29 mulai dari dari Desa Kandang Tepus Kecamatan Senduro akan diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dengan kwalitas hotmix, dimana anggarannya mencapai milyaran rupiah.

Kalau jalan ini sudah diperbaiki, ya tidak jadi tukang ojek lagi, sapa yang mau menggunakan jasa ojek. Jalan sudah baik, semua pengunjung pasti langsung ke puncak B 29 dengan kendaraannya. Saya rencana mau buka warung kopi dan jajajan di sekitar puncak sana Mas,” ungkap Ponaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Lumajang, Ir H. Nugroho Dwi Admoko kepada Memo mengatakan, rencana perbaikan jalan menuju lokasi wisata puncak B 29 akan dilakukan dalam waktu dekat. ”Saat ini kami bersama pihak-pihak terkait masih dalam proses mematangkan perencanaan perbaikan jalan dimaksud, agar dalam waktu pelaksanaan nanti kwalitas jalan benar-benar berkwalitas tinggi,” tegas Ir H Nugroho. (cho)