Naskah Unas SMP Dijaga Ketat

Lumajang, Memo_Naskah Ujian Nasional (Unas) untuk sekolah tingkat SMP, pada Selasa sore  (28/4) sekitar pukul 18.00 WIB usai bha’da maghrib tiba di Polres Lumajang. Kini naskah Unas tersebut di simpan di salah satu ruangan terbuka dengan mendapat pengamanan dari petugas gabungan antara kepolisian bersama petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang.
ujian nasional

Kapolres Lumajang AKBP Aries Syahbudin melalui Kasubag Humas AKP Sugianto saat dikonfirmasi Memo di kantornya mengatakan, naskah Ujian Nasional (Unas) Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat sudah tiba di Polres Lumajang kemarin sore menjelang bha’da magrib.

“Sekarang sudah diamankan di salah satu ruangan Polres Lumajang dengan pengaman yang cukup ketat dari petugas kepolisian Polres Lumajang bersama petugas dari Dispendik Kabupaten Lumajang secara bergantian,” jelas AKP Sugianto.

Menurutnya, pengamanan extra ketat ini sengaja dilakukan tidak lain untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran naskah Unas terhadap para peserta didik yang hendak melaksanakan Unas pada 4 Mei 2015 mendatang.

”Kami Polres Lumajang bersama Dispendik Kabupaten Lumajang  tidak mau kecolongan hal-hal seperti itu, makanya pengamanan terhadap naskah Unas benar-benar dibuat extra ketat mas,” ungkapnya .

Sugiyanto juga menambahkan sesuai dengan ketentuan naskah Unas ini akan didistribusikan kepada sekolah-sekolah penyelanggara Unas se Kabupaten Lumajang pada Senen pagi (4/5) dua jam sebelum Unas dilaksanakan.

”Khusus sekolah dalam kota pendistribusiannya insaalloh 2 jam sebelum pelaksanaan. Khusus sekolah yang letaknya jauh seperti sekolah yang terletak di Kecamatan Tempursari dan Pronojiwo sehari sebelumnya. Selama menunggu pelaksanaan Unas, naskah itu diamankan di Polsek masing-masing. 2 jam sebelum pelaksanaan, baru didistribusikan ke sekolah-sekolah. Sistem pengaman juga sama,” pungkasnya.

Ceceran Kondom Bekas di B29

Sementara itu Sekretaris Dispendik Kabupaten Lumajang Asep Bambang menghimbau kepada seluruh peserta Unas tanpa terkecuali, agar tetap fokus untuk belajar yang lebih giat lagi agar Unas mendatang bisa meraih nilai yang maksimal.

Kepala Dispendik Kabupaten Lumajang Winhatno Hari Surya melalui Sekdin Asep Bambang saat dikonfirmasi via selulernya menyampaikan, naskah Unas untuk SMP dan sederajat sudah dikirim dari Dispendik Provinsi Jatim dan tiba di Lumajang sekitar pukul 18.00 Wib kemarin sore.

”Saat ini naskah Unas diamankan di Mapolres Lumajang. Ngomong sistem pengamanan tidak jauh dari pengamanan naskah Unas SMA kemarin yang terdiri dari polisi dan pengawas yang ditunjuk dari Dispendik Kabupaten Lumajang. Pendistribusian akan dilakukan beberapa jam sebelum Unas dilaksanakan Mas,” tegas Asep Bambang. (cho)