Double Job, YD Diburu Resmob

Lumajang, Memo_Maling merangkap begal sepeda motor bernama Suwandi bin Sutomo (18), warga Dusun Sumberuling, Desa/ Kecamata Sumberbaru, Jember, akhirnya mengaku jika setiap kali melakukan aksi kejahatan tidak sendirian, namun dibantu oleh seorang rekannya berinisial YD warga Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung.
Maling skaligus begal motor

Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Heri Sugiono, SH, M.Hum saat dikonfirmasi sejumlah media menjelaskan, begitu mendengar pengakuan tersangka, pihaknya langsung bergerak cepat  melakukan pencarian rekan pelaku berinisial YD ke rumahnya, namun sayang begitu rumahnya digrebek, petugas mendapati rumahnya dalam keadaan sudah kosong.

Khawatir dia kabur semakin jauh, pihaknya langsung melakukan pencarian terhadap YD di sejumlah warung yang menjadi tempat tongkrongannya, baik yang terletak di wilayah dalam kota Lumajang, Kecamatan Jatiroto dan Kecamatan Sumberbaru.

”Anggota kami sudah menyebar di tiga tempat di sekitar warung yang menjadi tempat tongkrongannya itu. Namun, sampai ini kami masih belum menerima laporan terhadap kepastian keberadaan YD itu. Kami yakin Tim Resmob Polres Lumajang berhasil menangkap YD dengan segera,” tutur AKP Heri Sugiono.

Menurutnya, yang menjadi sasaran kedua pelaku ini adalah sepeda motor yang diparkir dan ditinggal oleh pemiliknya. Dan apabila tidak menemukan sasaran itu, keduanya beralih ke jalan sepi dan jauh dari pemukiman warga, begitu melihat ada pengendara sepeda motor sendirian, kedua pelaku ini langsung memepet korban hingga jatuh.

“Saat korban jatuh itulah, pelaku langsung mengambil sepeda motor milik korban. Salah satu korban terbarunya pedagang cabe merah, TKP Jalan embong kembar kemarin, motor Yamaha Xeon 125 diambil berikut satu karung cabe. Total semua ada 18 TKP yang dilakukan oleh kedua pelaku ini dan semuanya terjadi di wilayah Kecamatan Sukodono dan Lumajang Kota,” ungkapnya.

Masih kata Kasat Reskrim Heri, sementara jajaran Sat Resmob Polres Lumajang baru bisa mengamankan Barang Bukti (BB), berupa 6 unit sepeda motor dan masih kurang 12 unit sepeda motor lagi. Apabila pelaku berinisial YD berhasil ditangkap dalam waktu cepat, maka dipastikan keberadaan BB yang lain berupa 12 unit sepeda motor akan diketahui keberadannya.

Angka Dispensasi Nikah Nanjak, Akibat Matang Duluan

“Untuk mengungkap keberadaan BB berupa 12 unit sepeda motor yang lain, kami harus tangkap YD dulu. Alhamdulillah, informasi terakhir yang kami terima dari anggota di lapangan keberadaan YD berhasil ditemukan. Saat ini anggota masih memastikan lokasi persembunyiannya,” pungkas Heri Sugiono. (cho)