Tim Anti Begal Dibentuk

Lumajang, Memo_Sejak sebulan terakhir ini, aksi begal sepeda motor di sepanjang jalan Desa Wates Wetan sampai dengan Jalan Desa Wonoayu Kecamatan Ranuyoso, marak terjadi. Rata-rata korbannya terluka akibat dibacok pelaku begal. Dari beberapa kasus aksi begal sepeda motor itu, tak satupun yang berhasil diungkap oleh pihak kepolisian setempat.
antisipasi begal

Kasubag Humas Polres Lumajang, Ipda Gatot Budi Hartono ketika dikonfirmasi Memo mengatakan,  beberapa hari kemarin Kapolres Lumajang AKBP Aries Syahbudin telah membentuk Tim khusus yang melibatkan personil dari unit Reskrim, unit Intel dan unit Sabhara, yang ditugaskan untuk memerangi aksi kejahatan, khususnya aksi begal sepeda motor di sepanjang jalur Ranuyoso sampai dengan Jatiroto.

Tim ini sudah ditempatkan di sejumlah titik rawan aksi kejahatan di sepanjang Ranuyoso hingga Jatiroto secara bergantian. Semua petugas berpakaian preman dan bersenjata lengkap,” ungkap Ipda Gatot Budi Hartono.

Selain itu, Polres Lumajang juga terus meningkatkan patroli di sepanjang perbatasan Ranuyoso dengan Tegal Siwalan sampai dengan Jatiroto perbatasan Sumberbaru Jember, dengan menggunakan mobilitas yang ada, seperti kendaraan roda empat dan roda dua. ”Giat patroli ini juga dibantu oleh masing-masing Polsek terkait Mas,” ungkapnya.

Langkah tegas ini sengaja diambil oleh Bapak Kapolres Lumajang, AKBP Aries Syahbudin tidak lain untuk menekan aksi kejahatan, sekaligus menjawab semua keluhan masyarakat maupun pengguna jalan. ”Insalloh dengan strategi baru ini, masyarakat dan pengguna jalan akan merasa aman dan nyaman,” ungkap Gatot BH lagi.

Petugas Gabungan Ringkus Pelaku Begal Motor

Ketika ditanya sampai kapan Tim khusus ini ditempatkan di titik rawan aksi kejahatan di sepanjang jalur Ranuyoso sampai dengan Jatiroto, Ipda Gatot BH menyampaikan sampai tercipta situasi dan kondisi di sepanjang jalur itu benar-benar aman.

Kami berharap agar masyarakat juga peduli dalam menciptakan lingkungan aman, salah satunya menghidupkan kembali ronda di masing-masing lingkungan. Tak kalah pentingnya, masyarakat diharap segera melapor ke polisi ketika melihat kejadian tindak kejahatan apapun, agar segera diambil tindakan. Tanpa peran masyarakat, kerja polisi tidak bisa maksimal,” pungkasnya. (cho)