Tidak ada Sidak, Fokus Halal Bihalal

Lumajang, Memo_Hari pertama masuk kerja setelah cuti lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah, Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup pemerintah Kabupaten (pemkab) Lumajang langsung mengikuti acara halal bihalal yang diselenggarakan di area parkir belakang kantor pemkab Lumajang.

halal bi halal
Ratusan PNS terlihat menjalani antrian panjang menunggu giliran untuk bersalaman dengan Bupati bersama istri, PLT Sekda dan Asisnten  pemkab Lumajang. Usai bersalaman, para PNS langsung menuju ke tenda sebelah untuk menikmati hidangan yang telah disajikan oleh panitia halal bihalal pemkab Lumajang.

Pelaksana Tugas Badan Kepegawaian Daerah (PLT BKD) pemkab Lumajang Dondy Suharto saat dikonfirmasi Memo (22/7), sekitar pukul 10.00 WIB di kantornya menjelaskan, hari pertama masuk kerja para PNS langsung mengikuti apel pagi yang berlangsung di halaman Pemkab Lumajang dengan dipimpin oleh Bupati Lumajang Drs. H. as’at Malik.

Usai melaksanakan apel pagi, semua PNS langsung mengikuti acara halal bihalal. “Khusus PNS yang berdinas di BKD, semuanya masuk. Tidak satupun yang terlambat masuk kerja, apalagi bolos kerja Mas,” tutur Dondi Suharto.

Untuk PNS yang lain, seperti yang berdinas di jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pihaknya tidak tahu persis, apakah ada yang terlambat masuk kerja atau ada yang bolos. “Masing-masing pimpinan SKPD itu sendiri yang tahu. Misalkan ada yang terlambat masuk kerja atau bolos, pimpinan SKPD itu sendiri yang akan melakukan teguran hingga peringatan”.

Karena tidak sidak, maka pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kehadiran PNS melalui daftar hadir pada acara apel pagi dan apel sore saat mau pulang kerja. ”Dari daftar hadir itulah, kami bisa mengetahui berapa PNS yang terlambat masuk kerja dan berapa PNS yang bolos kerja. Sementara data ini kami simpan, jika sewaktu-waktu dimintai data PNS nakal, kami tinggal menyodorkan ,” katanya.

Diduga Salah Paham, Badrus Dibacok

Masih kata Dondi, tingkat kehadiran PNS pemkab Lumajang pada hari pertama masuk kerja usai cuti hari raya Idul Fitri tahun 2015 ini, lebih baik dibanding pada tahun 2014 kemarin. Hal ini terbukti saat acara apel pagi yang kemudian dilanjutkan dengan acara halal bihalal, semua pimpinan SKPD duduk bersama mendampingi Bupati Lumajang.

”Pada apel pagi tadi, kami melihat semua pimpinan SKPD hadir. Ngomong apakah ada PNS dari masing-masing SKPD ada yang terlambat masuk kerja atau bolos kerja, kami belum punya data, karena fokus pada acara halal bihalal. Hal itu bisa diketahui pada daftar hadir apel sore nanti. Ngomong soal sanksi, ya terpulang dengan pelanggaran yang telah dilakukan Mas,” pungkasnya. (cho)