Angka Kecelakaan Menurun Drastis Saat Mudik Lebaran 2015

Lumajang, Memo_Untuk menekan kasus kecelakaan di wilayah hukum Polres Lumajang, jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lumajang akan melakukan berbagai langkah dan trobosan, hal ini sesuai dengan hasil evaluasi selama arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1435 H kemarin.
arus mudik

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Hardono melalui KBO Lantas Iptu Setyo Budi saat dikonfirmasi Memo, Kamis pagi  (23/7), pukul 10.00 WIB di kantornya menyampaikan, dalam Ops Ketupat 2015 tahun ini, angka kecelakaan khususnya di jalur nasional mulai Jalur wilayah Kecamatan Ranuyoso, perbatasan wilayah Kecamatan Tegal Siwalan Probolinggo, Klakah, Kedungjajang sampai dengan wilayah Kecamatan Jatiroto, perbatasan dengan Kecamatan Sumberbaru Jember, menurun drastis.

“Selama Ops Ketupat 2015 ini, tercatat ada 3 kasus kecelakaan yang terjadi di jalur Lumajang utara. Bahkan, kendaraan mogok atau macet hampir tidak ada. selama Ops Ketupat 2015 ini jalur mudik maupun jalur balik, semuanya berjalan lancar aman terkendali Mas,” ungkap Iptu Setyo Budi.

Begitu juga dengan jalur Lumajang selatan, mulai dari Kecamatan Yosowilangun, Lumajang, Pasirian Candipuro, hingga Kecamatan Pronojiwo, sama sekali tidak terjadi kecelakaan. Hal ini disebabkan selain karena semua kendaraan besar dilarang beroperasi, juga bersamaan dengan liburan anak sekolah, sehingga kondisi jalan sepi dan tidak padat.

Menurutnya, selama ini kasus kecelakaan menurun drastis tidak hanya di jalur nasional saja, baik di wilayah Lumajang utara amaupun di jalur Lumajang selatan. Tetapi di jalan poros desa se Kabupaten Lumajang juga menurun. ”Ada kecelakaan di sejumlah jalan poros desa, namun angkanya jika dibanding dengan tahun 2014 kemarin, lebih sedikit. Pokoknya angka kecelakaan pada Ops Ketupat 2015 ini menurun tajam Mas,” ungkapnya lagi.

Silaturrahmi Lintas Agama

Masih kata Iptu Setyo Budi, mulai H+7 lebaran Idul Fitri nanti, tepatnya 24 Juli hari ini, kendaraan besar sudah diperbolehkan beroperasi lagi dan disusul 27 Juli mendatang, semua sekolah mulai masuk. Mengantisipasi terjadi kasus kecelakaan, pihaknya terus meningkatkan pengamanan di semua jalur padat kendaraan termasuk semua jalan menuju ke semua sekolah.

“Pengamanan jalur arus balik masih terus dilakukan, pengamanan di semua jalan simpang menuju ke semua sekolah juga dilakukan. Hal ini sengaja terus ditingkatkan tidak lain untuk menekan terjadinya angka kecelakaan. Alhamdulillah, dalam Ops Ketupat 2015 Polres Lumajang sudah berhasil menekan angka kecelakaan secara maksimal,” pungkas KBO Lantas Iptu Setyo Budi.(cho)