Lat Pra Ops Mantab Praja Pilgub 2013




Lumajang, Memo
Menjelang pesta demokrasi pemilihan Gubenur Jawa Timur yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang, jajaran Polres Lumajang melaksanakan gelar latihan kesiapsiagaan seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan dengan nama Lat Pra Ops Mantab Praja Pilgub Jatim  2013.               
Lat Pra Ops Mantab Praja Pilgub Jatim 2013 yang di pimpin langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP. Singgamata, Sik, di gelar di Gedung Sujono pada Rabu (3/7) mulai  pukul 08.00 – 13.00 Wib kemarin siang.
Lat Pra Ops Mantab Praja Pilgub 2013 tersebut di ikuti mulai dari Kapolres , Wakapolres, Kabag Ops, Kabag Sumda, Kasat, para perwira Polres serta seluruh Kapolsek dan beberapa anggota Polres maupun Polsek yang  terlibat dalam pengamanan.
  Kapolres Lumajang AKBP. Singgamata dalam pidatonya mengungkapkan, dirinya sangat berharap agar seluruh peserta Latihan Pra Ops Mantab Praja Pilgub Jatim 2013 benar-benar memperhatikan dan menyimak semua materi yang di sampaikan oleh para instruktur atau pelatih.
Apa yang di sampaikan oleh para perlatih tersebut merupakan pengetahuan serta pedoman yang akan di praktekkan di lapangan nanti .
“Saya yakin apabila para peserta benar-benar menyimak dan memperhatikan semua materi, insaalloh pilgub Jatim mendatang akan berjalan lancar aman dan kondusif,” ujar Singgamata penuh keyakinan
Lebih jauh Singgamata menjelaskan,  pelatihan ini tidak cukup sebatas latihan teori saja. Tetapi, akan di lanjutkan dengan praktek di lapangan sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing personil pengamanan sehingga seluruh personil yang terlibat benar-benar sudah matang dan mampu dalam mengahadapi semua persoalan yang akan di hadapinya.
            Dalam pengamanan Pilgub jatim 2013 mendatang, jajaran Polres Lumajang akan menurunkan sebanyak 309 personil pilihan ditambah dengan personil bantuan dari TNI dan jajaran muspida lainnya. 
“Yang jelas Instruktur atau pelatih itu di ambil dari Kepala Satuan Fungsi dan para perwira yang telah mendapatkan pelatihan sebagai training of trainer (TOT) di Polda Jatim beberapa waktu yang lalu. Materi pelatihan diantaranya, pengetahuan hukum tentang Pilkada, Negosiator, pengawalan  pengaturan lantas serta pelatihan penanganan kerusuhan massa sesuai dengan Perkap No. 1 tahun 2009.” Pungkas Singgamata.(cw7)