Perbaikan DCS Tidak Ada Masalah




Lumajang, Memo
            Perbaikan Daftar calon sementara calon legislatif di lumajang hingga kemarin tidak ada masalah. Meski, benbenturan dengan pemilukada Lumajang, proses tahapan Pileg berjlan sesuai tahapan yang ada.
            Yuyun Baharita, salah satu komisioner KPU Lumajang mengatakan, perbaiakan DCS dari partai-partai di Lumajang tidak ada masalah apapun. Bahkan, kata dia para calon-calon itu sangat proaktif menyikapi tahapan yang ada.
            Umumnya kata Yuyun, partai-partai di Lumajang sangat paham akan regulasi yang ada. Sehingga, ini tidak menyulitkan KPU saat bekerja dilapangan. “Sampai saat ini tidak ada masalah karena mereka cukup proaktif,” katanya.

            Bahkan kadangkala ketika tahapan harus dilalui dan ia lupa akan hal itu, dirinya pernah diingatkan oleh partai. Dari situlah ia kemudian menyimpulkan jika partai-partai paham akan tahapan serta regulasi Pileg.
            Ia menduga, jika sejumlah DPC atau DPD partai yang ada di lumajang banyak mendapat pengetahuan dari pengurus partai di atasnya. Sehingga, tahapan yang berjalan sangat dimengerti oleh partai.
            Untuk pengumuman DCS, sedianya akan dilakukan pada tanggal 13 Juni nanti. Hingga kemarin siang, tahapan perbaikan masih berlangsung tanpa ada masalah apapun seperti yang ia harapkan.
            Saat ini yang dilakukan oleh KPU Lumajang memang ada tiga agenda penting. Yakni Pemilukada, Pileg. Dengan adanya tiga pekerjaan besar yang waktunya berhimpitan, ia mengaku harus membagi jadwal agar salah satu tidak ketetaran. 
            Sementara untuk Pemilukada, proses pemungutan suaranya sudah selesai. Namun, saat ini masih berjalan pada tahapan berikutnya. Seperti halnya rekapitulasi hingga penetapan pasangan calon terpilih. “Kita harus membagi waktu dengan sebaik mungkin agar tidak keteteran salah satu,” katanya.(ami)