Paska Rekapitulasi Sebagian Pengamanan Sudah Ditarik




Lumajang, Memo
            Paska rekapitulasi hasil pemungutan suara di kantor KPU Lumajang lusa kemarin, ribuan petugas keamanan dari Sat Brimob dan Shabara Polda Jatim, dan ratusan personil dari Polres jajaran, sebagian sudah ditarik dan kembali ke markasnya masing-masing.
            Pantauan Memo, sore hari usai proses rekapitulasi yang berjalan aman, ratusan personil sudah dipulangkan. Perjalanan ratusan personil kepolisian ini secara beriringan meninggalkan lumajang untuk melakukan tugas lainnya.
            Wakapolres Lumajang Kompol Andy Arisa
ndi, membenarkan jika sebagian personil sudah ditarik. Namun, sejauh ini masih dalam batasan siaga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan mereka akan kembali didatangkan untuk membantu pengamanan lebih lanjut.
            Berapa personil yang sudah ditarik? Andy enggan mengungkapkan secara detail, namun kata dia, hanya sebagian kecil saja yang telah ditarik. Khusus Brimob, saat itu langsung beralih ke Kabupaten Jombang untuk pengamanan Pilkada disana.
            Sedangkan untuk polres jajaran juga telah kembali. “Tapi sewaktu-waktu kita butuhkan lagi, mereka akan kita datangkan karena sampai saat ini statusnya masih siaga,” katanya.
            Sejumlah pengamanan sampai sekarang juga masih dilakukan. Ia menyebutkan beberap titik pengamanan masih ditempati Brimob, seperti halnya di kantor KPU dan beberapa titik rawan lainnya.
            “Sampean lihat, masih banyak personil yang kita tempatkan di beberapa titik di kawasan kota lumajang,” paparnya. Saat ini, pihaknya masih melakukan analisis terkait pengamanan lebih lanjut.
            Yang pasti, penarikan pengamanan secara total yang berasal dari luar polres lumajang akan dilakukan jika situasi di lumajang dinyatakan benar-benar kondusif.
            Memang sebelumnya dalam pengamanan pilkada hingga proses rekapitulasi di kantor KPU. Total pengamanan yang dilibatkan sebanyak 2.205 personil dari unsur TNI dan Polri seperti yang diungkapkan Kapolres Lumajang AKBP Susanto. 
            Pengamanan super ketat ini kata Susanto sudah sesuai dengan protap dan arahan dari Polda Jatim. Sehingga, setiap tahapan Pilkada yang berlangsung akan memberikan rasa aman kepada masyarakat lumajang khususnya.(ami)