Jelang Rapat Pleno KPU, Pengamanan Ditingkatkan




Lumajang, Memo
            Tahapan pemilukada Lumajang pada tanggal 6 Juni nanti sampai pada proses rekpitulasi tingkat kabupaten sekaligus penetapan. Namun, sebelumnya KPU akan menggelar rapat pleno terkait penetapan pasangan calon ini.
            Jelang penetapan yang tinggal beberapa hari lagi, keamanan terus ditingkatkan oleh Polres Lumajang. Apalagi di seputaran kantor KPU lumajang, jumlah pengamanan terlihat cukup banyak dari hari-hari sebelumnya.

            Petugas pengamanan banyak di dominasi oleh Satuan Brimob Polda Jatim lengkap bersama dua mobil Barakuda, satu unit mobil jihandak dan satu unit mobil water cannon yang sejak sehari sebelum tanggal pemungutan suara telah disiagakan.
            Yuyun Baharita, komisoner KPU mengatakan, mengenai jumlah keamanan yang ditempatkan di KPU ia tidak tahu persis apakah ditambah atau tidak. Sebab, itu menjadi ranah dari Mapolres Lumajang selaku pengendali keamanan.
             Jika memang ditingkatkan, ia mengaku kalau itu tidak berlebihan, tapi justru sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jelang dan saat hari penetapan. “Itu langkah preventif yang dilakukan petugas,” katanya.
            Dari tahapan yang ada, ia mengaku hingga kemarin siang proses rekapitulasi tingkat PPK sudah selesai dan tidak ada masalah. “Proses rekapitulasi di PPK selesai semua mesti sampek malam,” terangnya.
            Katanya, petugas keamanan tahu persis kondisi lumajang saat ini. Sehingga, untuk menambah atau pengurangi petugas menjadi ranah mereka. “Kalau kami KPU tetap berkonsentrasi pada tahapan yang ada,” paparnya.
            Pantauan wartawan koran ini, jumlah personil kepolisian dari Brimob yang berada di kantor KPU memang terlihat lebih banyak dari hari-hari biasanya. Diduga ini berkaiatn degan suhu politik di lumajang yang sedikit menghangat jelang penetapan pasangan calon.
            Kasubag Humas Polres Lumajang, AKP Sugianto, menjelasakn jika personil kepolisian khusunya Brimob sampai kemarin siang masih seperti semula. Tidak ditambah ataupun dikurangi.
            Namun, porsonil yang berada di Kpu memang terlihat lebih banyak. Pasalnya, itu karena personil yang sebelumnya di tempatkan di Polsek-polsek ditarik dan dijadikan satu dengan yang lain sehingga terlihat lebih banyak.
            Sedangkan beberap kendaraan penghalau massa yang diparkir di haman Mapolres kata dia, sudah ada sejak sebelum pemungutan suara. Hanya saja, sebelumnya kendaraan tersebut ditempatkan di lapangan dan sekarang usai pemungutan suara ditarik dan di parkir dihalaman Mapolres.
            Untuk langkah antisipasi jelang penetapan pasangan calon. Sugianto mengatakan jika ada kemungkinan akan ada penambahan personil keamanan. “Rencana memang kita tambah, tapi itu juga belum pasti,” katanya.
            Jelang penetapan, ia menghimbau agar masyarakat tenang dan tidak terprovokasi oleh hal-hal yang tidak baik. Sebab, jika itu terjadi maka akan merugikan diri sendiri. “Saya himbau masyarakat tenang dan bisa beraktifitas seperti seperti sebelumnya,” katanya. 
            Pun demikian bagi pihak-pihak yang ingin mengacaukan situasi kemanan di lumajang. Ia berharap itu tidak dilakukan. Jika nekat, maka berarti mereka akan berhadapan dengan petugas kepolisian. “Sampai saat ini pihak kepolisian siap melakukan pengamanan,” pungkasnya.(ami)