Jelang Puasa, PU Propinsi Kebut Perbaikan Jalan




Lumajang, Memo
Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan yang tinggal 3 minggu lagi, Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Jawa Timur  terus kebut melakukan  perbaikan jalan di Kabupaten Lumajang mulai dari jalan Selamet Riyadi, Gatot Subroto, Soekarno Hatta hingga ke Komplek Wonorejo Terpadu (KWT).

Menurut Bambang Kusnanto salah satu petugas Pekerjaan Umum Propinsi Jawa Timur yang berkantor di Probolinggo kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya melakukan perbaikan jalan yang merupakan tanggung jawab pemerintah Jawa Timur ini bukan karena menjelang datangnya bulan suci ramadhon.
Tetapi, karena kondisi jalan tersebut sudah mengalami kerusakan yang terlalu parah. Jika tidak segera di perbaiki maka kerusakan jalan itu akan semakin parah yang berdampak pada keselamatan pengguna jalan.
“Pihaknya melakukan perbaikan jalan bukan karena menjelang datangnya bulan suci ramadhan, tetapi karena kondisi jalan yang sudah mengalami kerusakan yang sudah cukupm parah. Di samping itu pertimbangan pemerintah juga berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan pengguna kendaraan,” ujarnya
Meskipun pekerjaannya sedikit membuat arus lalu lintas di jalan itu sedikit mengalami kemacetan, pihaknya  tetap melanjutkan pekerjaannya hingga sore hari.
Hanya saja, selama pekerjaannya berlangsung dua petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Propinsi membantu pengaturan arus lalu lintas dengan cara buka tutup menghindari kemacetan.” Kalau tidak di atur seperti ini kendaraan main terombool mas,” kata Bambang
 Lebih jauh Bambang menjelaskan Pihaknya  melakukan pemeliharaan dan perbaikan jalan di kabupaten Lumajang tidak pada semua jalan. Tetapi, khusus jalan yang memang menjadi tanggung jawab pemerintah Propinsi Jawa Timur.
Seperti jalan raya Pasirian, Tempeh, Lumajang, Sukodono, Klakah, Ranuyoso, arah  Probolinggo. Jalan raya Wonorejo, jatiroto arah Jember, jalan raya Tekung , Yosowilangun arah Jember dan juga jalan JLT.
“Jalan-jalan tersebut  merupakan kewenangan pemerintah Propinsi Jawa Timur. Dan sudah tentu mulai dari pemeliharaan dan perbaikan menjadi tanggung jawab Dinas PU Prpopinsi sepenuhnya,” Pungkas Bambang.
 Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lumajang Isnugroho saat di konfirmasi Memo via telepon membenarkan apa yang sudah dijelaskan oleh salah satu Staf pengawas Dinas Pekerjaaan Umum Jawa Timur yang berkantor di Probolinggo itu. 
“Ya memang benar, PU Propinsi hanya melakukan pemeliharaan dan perbaikan jalan sesuai dengan kewenangan dan ketentuan yang sudah menjadi hak dan tanggung jawab masing-masing.”Ungkap Isnugroho. (cw7)