Warga Marah, 2 Jembatan Tanpa Lampu Penerangan


Lumajang, Memo
Dua jembatan sepanjang 100 meter yang memiliki kedalaman kurang lebih 30 meter yang terletak di Desa Grobokan, Kecamatan Kedungjajang, Lumajang, jika malam sudah tiba dua jembatan ini sangat gelap gulita. Ini dikarenakan semua lampu yang berdiri tegak di sepanjang jembatan tidak satupun yang menyala.
Dua jembatan yang terletak Desa Grobokan ini adalah merupakan satu-satunya jembatan penghubung antara Kota Lumajang dengan kota lainnya seperti  Probilinggo,  Pasuruan dan  Surabaya ataupun sebaliknya.
Parahnya lagi, selain dua jembatan ini gelap tanpa lampu penerangan juga kondisi jalan banyak  lubang dan bergelombang. Khusus pengendara roda dua harus extra hati-hati ketika melintas dijembatan tersebut.
Hafid (30), warga setempat mengatakan, lampu-lampu  yang berdiri tegak disepanjang dua jembatan Grobokan ini sejak dipasangnya hingga saat ini sudah hampir 3 tahun lamanya masih belum menyala.
Beberapa kali ia bersama warga yang lainnya menyampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten  Lumajang, tetapi malah disuruh ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum karena itu merupakan kewenangan (PU).
“Soal lampu penerangan di jembatan Grobokan Kecamatan Kedungjajang, Apakah itu kewenangan PU Kabupaten atau kewenangan PU Provinsi coba mas tanya di PU agar lebih jelas,” Tutur Hafid menirukan omongan salah satu staf DLH.
Tetapi, saat itu ia bersama warga yang lain tidak mendatangi Kantor Dinas Pekerjaan Umum melainkan memilih pulang. Harapan warga sekitar bersama pengguna jalan,  agar instansi terkait untuk segera menghidupkan lampu-lampu yang berdiri tegak di sepanjang dua jembatan tersebut.
Di tempat terpisah, Soviana (26) mahasiswi disalah satu perguruan tinggi di Lumajang mengatakan, kondisi aspal di jembatan itu berlubang dan bergelombang juga tidak ada lampu penerangannya tetapi instansi terkait diam saja. “Terus bagaimana dengan keselamatan  pengguna jalan? Apalagi di sekitar sana rawan aksi perampasan sepeda motor. Tolong pikirkan itu,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lumajang Ir. Isnugroho saat hendak di Konfirmasi oleh Memo ia sedang tidak berada dikantornya.(cw7)