PPL Intens Awasi Pemutakhiran Data Pemilih


Lumajang, Memo       
Usai pelantikan 205 panitia Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Untuk Pilkada Bupati Lumajang, Senin kemarin. Kini Panwaslu telah menyiapkan bimbingan teknis untuk membekali 205 PPL berikit 63 Panwascam se-Kabupaten Lumajang.
            Direncanakan, bimbingan teknis akan dilaksanakan selama 2 hari di Hotel Prima Lumajang. Dijadualkan sejak tanggal 16 hingga 17 Maret nanti. Usai mengikuti bintek, baik Panwascam dan PPL bisa langsung bekerja di lapangan.
            Didik Almashudi, Ketua Panwaslu Lumajang, mengatakan, bintek itu adalah bagian dari pembekalan dari Panwaslu. Sehingga, PPL dan Panwascam akan mengetahui dengan pasti apa yang mereka butuhkan dan harus lakukan pasca dilantik.
            Meski tahapan kampanye belum dimulai, tapi seusi dilantik, kata Didik, PPL dan panwascam sudah melakukan pengawasan terhadap pentahapan Pilkada. Seperti halnya pengawasan terhadap pemutakhiran data pemilih, dari DPS hingga DPT.
            Sejauh ini kata Didik, Data pemilih masih dianggap rawan. Sehingga ia benar-benar meminta kepada Panwascam dan PPL untuk melakukan pengawasan secara intens terhadap proses tersebut.
            Tingkat kerawanannya, bisa karena adanya DPT ganda, orang meninggal masuk DPT dan lainnya. “Sebelum masa kampanye, kita intens pelakukan pengawasan pada pemutakhiran data pemilih,” jelasnya lagi.  
            Direncanakan, bagi PPL dan Panwascam yang rumahnya jauh, maka bisa menginap di hotel Prima seperti yang telah disediakan oleh Panwaslu. “Kita upayakan ada penginapan bagi yang rumahnya jauh dari kota,” katanya.
            Pada akhir Bintek, nantinya pemateri akan dihadirkan dari Bawaslu Propinsi. Yang jelas, setelah semuanya selesai, maka Panwascam dan PPL akan tahu betul mana tugas yang harus mereka lakukan.
            Sejauh ini kata Didik, ia sebagai lembaga yang dibentuk oleh Bawaslu, adalah lembaga yang khusus untuk melakukan pengawasan terhadap proses pemilukada. Sehingga ia berharap agar Pilkada Lumajang kondusif tidak ada gangguan apapun.(ami)