Polres Suah Persiapkan Gakkumdu


Lumajang, Memo
Segala persiapan telah dilakukan dengan baik oleh sejumlah elemen penyelenggaran Pilkada. Mulai dari KPU, Panwaslu hingga tim pengamanan serta perangkat Pilkada yang lain. Pilkada aman dan damai, mungkin itu yang menjadi dambaan setiap warga di Lumajang.
Dalam hal ini, Polres Lumajang sudah menyiapkan untuk sentra penegak hukum terpadu (Gakkumdu) Pilkada 2013. Sejumlah atribut, buku, meja dan ruang ber AC sudah siap digunakan saat tahapan kampanye dan pencoblosan sudah berjalan.
Kapolres Lumajang, AKBP Susanto, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ruang untuk penegakan hukum Pilkada. Sehingga, bila ada laporan pelanggaran Pilkada bisa ditangani dengan cepat. "Nanti Gakkumdu bisa digunakan oleh Panwaslu, Jaksa, Hakim pengadilan dan Polri sendiri," terang Susanto pada wartawan.
Di kantor sentra Gakkumdu dipasang juga banner kerawanan selama tahapan Pilkada. Mulai masa kampanye, masa tenang dan pemungutan atau penghitungan suara. Selain itu, proses pelaporan ke Panwaslu, kemudian dikaji oleh Polri bersama Panwaslu dan disidangkan untuk tindak pidana.
"Semua tahapan proses Gakkumdu sesuai Undang-Undang," jelasnya. Sentra Gakkumdu di Polres Lumajang menyatu dengan ruang Humas dan Sistem Teknologi Informasi Polri (Sitipol).
Tidak hanya Gakkumdu, beberapa persiapan pengamanan yang lain juga telah dilakukan oleh Polri. Seperti halnya mempersiapkan diri dalam penangananPilkada jika sewaktu-waktu ricuh. Dalam hal ini Polres telah beberapa kali melakukan gelar pasukan.(ami)