Perbaikan & Perampingan Ranting Pohon Terus Dilakukan DLH


Lumajang, Memo
Hujan deras yang disertai dengan angin kencang yang terjadi  di kota pisang sejak beberapa bulan terahir, membuat  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang bekerja eksta. Betapa tidak, pihaknya sejak 2 bulan terahir ini mengeluarkan 2 tim untuk melaksanakan pekerjaannya.
Hadi Khomzari Kabid pemeliharaan saat dikonfirmasi Memo mengatakan, sejak dua bulan terahir ini pihaknya mengeluarkan dua tim untuk  melakukan pekerjaannya sesuai dengan waktu dan kondisi saat ini.
Satu tim bertugas untuk melakukan perawatan serta perbaikan lampu penerangan jalan di beberapa titik ruas jalan perkotaan, seperti di sepanjang jalan PB Sudirman, Jalan Alun-Alun, Taman Toga bahkan hingga ke Komplek Wonorejo terpadu.
Tim yang kedua bertugas untuk melakukan pemangkasan terhadap ranting pohon yang bediri tegak di sepanjang jalan perkotaan. Ranting pohon yang dikhawatirkan akan tumbang dan patah dan membahayakan maka akan dilakukan pemotongan.  Dengan demikian, meskipun diterpa hujan deras dan angin kencang tidak bisa  membahayakan akan kesemalatan warga sekitarnya.
“Dalam sehari kita melakukan pemasangan lampu juga melakukan pemangkasan dan pemotongan ranting kayu ditepi jalan,” ujarnya. 
Hadi Khomzani menambahkan, untuk pohon yang berdiri tegak disepanjang perkotaan,  pihaknya mempunyai kebijakan tersendiri. Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan beberapa pertimbangan yang berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan warga sekitarnya.
Seperti jika ada pohon berdiri tegak dan sangat dekat dengan rumah warga atau tempat usaha warga dan dilihat pohon tersebut mulai lapuk dan khawatir roboh sewaktu-waktu, maka pihaknya mengeluarkan kebijakan untuk memotong pohon itu.
Menurutnya,  beberapa bulan terahir ini pekerjaannya sering kali tidak bisa maksimal, hal ini dikarenakan cuaca yang tidak mendukung.  Apalagi turunnya hujan tidak menentu, terkadang disaat  sedang melakukan pekerjaannya tiba-tiba hujan turun.(cw7)