KPU Lumajang Tidak Bentuk Badan Ad Hoc Pemilu



Lumajang, Memo
            Untuk proses Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei mendatang, KPU Lumajang telah membentuk badan edhock (PPK) dan PPS. Sehingga untuk Pilbup yang direncanakan pada bulan Agustus dan Pileg pada tahun 2014, jabatan PPK dan PPS di Lumajang secara otomatis akan bertambah panjang.
            Yuyun Baharita, Komisioner KPUD Lumajang mengatakan, baru-baru ini ia mendapat surat dari KPU Propinsi Jawa Timur tentang pelaksanaan Pilgub yang berdekatan dengan pelaksanaan Pilkada.
            Tentunya, segala sesuatu yang berkenaan dengan Pilgub juga harus dipersiapkan, seperti halnya pembentukan PPK dan PPS. Mengingat di Lumajang sudah ada PPK dan PPS dari hasil rekruitmen Pilkada, maka tidak perlu lagi melakukan rekruitment.
            Meski demikian, masih ada syarat yang harus dilalui. Yaitu PPK dan PPS dipandang masih mampu untuk bekerja dan sanggup menjalankan tugas-tugasnya, maka tinggal dilakukan pengukuhan saja. “Jadi tidak perlu membentuk PPK dan PPS lagi,” katanya.
            Jika PPK dalam proses Pilbup selama 8 bulan, yakni bekerja pada 6 bulan sebelum hari H dan 2 bulan setelah proses pemilihan. hal ini berbeda dengan adanya Pilgub yang hanya memiliki jangka waktu selama 7 bulan dengan hanya memiliki selisih satu bulan.
            Diprediksi, jabatan PPK di Lumajang akan berjalan hampir 2 tahunan. Ini jika dirinci dengan tahapan Pilbup, Pilgub, Pileg dan Pilpres nanti. Sehingga, dalam hal ini KPU Lumajang tidak kerepotan untuk mendapatkan calon PPK dan PPS baru.
            Tentunya, saat tahapan Pilbup belum selesai, PPK dan PPS nantinya asudah akan bekerjas untuk Pilgub dan tahapan Pilgub belum kelar mereka akana kembali bekerja untuk Pileg. Sehingga, pekerjaan yang mereka lakukan akan berdobel-dobel.
            Jika pekerjaan PPK dan PPS berdobel-dobel, baiaman dengan honor mereka? Kata Yuyun, PPK dan PPS bekerja berdasarkan kinerja. “Jadi honor yang mereka dapat juga berdasarkan kinerja,” jelasnya.
            Seperti di Jember, KPU telah melakukan rekruitmen PPK yang akan segara diumumkan hasilnya. Direncanakan, PPK ini akan mengawali kerja pada tahapan Pilgub. Demikian pula dengan Lumajang, saat ini PPK juga tengah bersiap-siap melaksanakan tahapan Pilgub.(ami)