Komunitas Trail Peduli Lingkungan


Lumajang, Memo
            Siapa bilang komunitas track yang biasanya bertemu dalam event-event adventure tdak cinta lingkungan dan hanya untuk hura-hura saja. Anggapan itu terpatahkan saat Tim Trak bekerjasama dengan Laskar Hijau menyelenggarakan event Green Adventure Segitiga Emas dan Gunung Lemongan.
Acara itu digelar lusa kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk mempromosikan wisata Segitiga Emas (Ranu Klakah, Ranu Pakis dan Ranu Bedali) juga untuk melakukan penghijauan bersama di Gunung Lemongan.
Dalam kesempatan itu, komunitas Calvo yang dikomandani oleh Kapolres Lumajang AKBP Susanto juga turut ambil bagian. Bahkan saat itu Kapolres juga melakukan sosialisasi bahaya Narkoba untuk komunitas Adventure Trail.
Dalam sambutan pembukaannya, Kapolres Lumajang mengingatkan kepada para riders yang hadir di Ranu Klakah agar menghindari narkoba dan mencintai lingkungan. Karena selama ini komunitas adventure trail ini identik sebagai perusak lingkungan, suka menebar polusi dari asap knalpot dan merusak jalan-jalan di desa.
Maka pada kesempatan kali ini para riders diajak untuk membuktikan bahwa mereka adalah juga pecinta lingkungan dengan bentuk menanam pohon di Gunung Lemongan. “Kita tunjukkan kalau kita juga pecinta lingkungan,” kata Kapolres.
Pada kesempatan yang sama, koordinator Laskar Hijau yang juga penasehat panitia penyelenggara, A’ak Abdullah Al-Kudus menyatakan bahwa “Adventure ini beda dengan event-event serupa lainnya, karena dalam event kali ini ada kegiatan menanam pohon.
“Semoga budaya ini bisa ditiru oleh event adventure lainnya ke depan,” tambahnya. Adapun jenis pohon yang ditanam oleh para peserta adventure ini kata A’ak, adalah pohon apukat, jambu biji, mangga, dan lain-lain.
Dalam event kali ini, para riders yang ikut berpartisipasi adalah semua club yang ada di Kabupaten Lumajang, bahkan ada yang dari Jember, Probolinggo dan Pasuruan. “Kalau pesertanya cukup banyak sekali,” kata Aak Abdulah Al Kudus.
Lebih jauh menurut A’ak, adapun rutenya ialah Start dari Ranu Klakah, kemudian melintasi pegunungan Kendeng menuju Ranu Bedali. Dari Ranu Bedali naik ke desa Alun-Alun, selanjutnya menyusuri lereng sebelah barat Gunung Lemongan dengan medan yang ekstrem menuju Pos I di Gunung Puji.
Setelah beristirahak sejenak, para peserta adventure kemudian melakukan penanaman pohon bersama dengan para relawan Laskar Hijau. Setelah melakukan penanaman pohon mereka melanjutkan petualangan mereka ke Ranu Pakis melewati desa Papringan, desa Sumber Wringin  dan desa Duren. Perjalanan yang melelahkan ini berakhir kembali di Ranu Klakah.(ami)