Kapolres Belum Galau Soal Pilkada, Semua Perwira Disiagakan


Lumajang, Memo 
Meski pelaksanaan tahapan Pemilukada Lumajang  belum sepenuhnya  dilaksanakan. Namun, tugas keamanan Pemilukada yang dipimpin Kapolres Lumajang AKBP Susanto  harus  ekstra keras untuk bisa mengamankan wilayahnya.
Komitmen tersebut dibuktikan dengan diikut sertakan semua perwira yang ada di Polres Lumajang, dalam gelar pasukan anti huru-hara di Alun-alun Kota Lumajang pada Jum’at  (22/2) pagi. Ikut dalam acara tersebut Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Lumajang, bersama mobil PMK-nya.
Nampak pada pagi itu, Kapolres Lumajang, AKBP Susanto, lengkap dengan tameng dan helem pengaman berada paling depan barisan para perwira. Kapolres dengan sigap ikut menghalau para pendemo yang diperagakan oleh beberapa anggota kepolisian.
Ketika dikonfirmasi oleh beberapa wartawan disela-sela gelar persiapan pengamanan pagi itu mengatakan, beberapa tahapan Pemilukada Lumajang sudah dimulai. “Kita terus melakukan persiapan pengamanan sampai proses Pemilukada Lumajang selesai dan tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan," ujarnya.
Menurut Kapolres, pagi itu dirinya sengaja mengikut sertakan para perwira yang ada di Polres Lumajang, untuk ikut dalam latihan pengamanan tersebut. Dengan maksut, agar pimpinan tugasnya tidak hanya memerintah saja. Tetapi ikut merasakan seberapa berat tugas yang dipikul oleh anggotanya.  
Memang tidak bisa dipungkiri, jika pelaksanaan Pemilukada di Lumajang memiliki iklim yang berbeda dengan Daerah yang ada di Jawa Timur lainnya. Hal itu yang memaksa pihak kepolisian khususnya Polres Lumajang  untuk mengawal sektor keamanan lebih ekstra ketat.
Dikatakan lagi,  hingga saat ini tahapan  Pemilukada Lumajang berlangsung dengan baik. Namun, hingga kini  tidak ada ancaman dan teror apapun yang membuat Kapolres Lumajang menjadi galau. “Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan Pemilukada di Lumajang berjalan lancar,” terangnya.
Meski tidak terjadi isu yang mencuat tentang pemilukada di Kabupaten Lumajang. Namun pihaknya akan terus melakukan antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi menjelang pemilukada nanti.
Kapolres terus berharap, jika pada pelaksanaan Pemilukada nanti bisa berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan beberapa instansi pemerintah lainnya, baik dengan pelaksana Pemilukada, Pemkab,serta beberapa instansi lainnya. (cw6)