Hari Ini Hasil Rekam Medis Akan Diserahkan ke KPUD


Lumajang, Memo
            Hasil cek kesehatan bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Lumajang, tahun 2013-2018, hingga berita ini ditulis belum diberikan oleh tim medis RSD dr. Soebandi Jember. Direncanakan seluruh rekam medis akan diserahkan hari ini, Senin (25/2).
            Padahal dijadwalkan semula, hasil rekam medis bagi bakal calon akan diserahkan pada Jumat pekan kemarin. Namun, kerana kondisinya tidak memungkinkan, akhirnya penyerahannya dipending pada hari berikutnya.
            Yuyun Baharita, salah satu komisioner KPUD Lumajang, yang juga menjabat sebagai ketua Pokja pencalonan, mengatakan, dalam proses pemeriksaan tes kesehatan dan psikiatri, ternyata berjalan mundur dari penjadwalan awal.
            pada tes kesehatan, balon Bupati yang diusung oleh PKB kubu H. Rofiq Abidin, Usman Efendi, tidak bisa melakukan cek kesehatan. Ini karena yang bersangkutan tidak menjalani puasa sebagai persyaratan untuk menjalani tes kesehatan.
            “Untuk itu kita pending tes kesehatannya dan kita jaduwalkan ulang,” kata Yuyun. hal inilah yang kahirnya mempengaruhi proses tes serta rekapitulasi tes kesehatan yang diberlakukan kepada bakal pasangan calon.
            Tidak hanya pasangan Usman Efendi, pasangan A-RIF (Agus Wicaksono-Adnan Syarif) juga harus dijadwal ulang saat melakukan tes kesehatan. pasalnya, saat jadwal tes yang sudah ditemntukan, mereka datang terlambat, sehingga harus dilakukan penjadwalan ulang.
            “Jadi mundurnya penyerahan catatan kesehatan bukan kesalahan kita kalau mundur. Tapi memang ada kendala dua balon yang harus dijadwal ulang,” kata Yuyun. Bahkan, pihak rumah sakit rencananya akan menyerahkan catatan kesehatan pada Sabtu pekan lalu tapi juga belum bisa dilakukan.
            Kata Yuyun, penyerahan tidak bisa dilakukan pada hari sabtu atau minggu, karena itu masuk pada jam hari libur. Untuk itu, direncanakan catatan akhir kesehatan akan diserahkan pada hari ini, Senin.
            Tahapan sebelum dilakukan penetapan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Lumajang periode 2013-2018, memang harus melewati tes kesehatan yang juga meliputi tes psikiatri. Hingga kemarin, seluruh balon sudah selesai menjalaninya.
            tahapan berikutnya ialah, balon harus melengkapi persyaratan adminisatrasi yang dianggap kurang. Jika tahapan sudah selesai semuanya, maka pada tanggal 23 Maret bulan depan penetapan akan dilakukan dan disusul dengan pengambilan nomor urut calon.(ami)