Dalam Semalam Tiga Ekor Sapi Raib


Lumajang, Memo
Nasir (45), warga Desa/Kecamatan  Gucialit kemarin malam kehilangan  3 ekor sapi miliknya  Menurut Hata (50), kerabat korban mengatakan, awalnya 3 ekor sapi milik korban diketahui jika telah raib sekitar pukul 03.00 Wib dini hari, ketika korban  hendak memberikan pakan. 
Tiba di depan pintu kandangnya, korban  curiga karena biasanya jika lampu dinyalakan  3 ekor sapi miliknya selalu berbunyi. Saat itu, 3 ekor sapi miliknya  langsung tidak  berbunyi.  Merasa curiga dan penasaran, telah terjadi sesuatu pada sapi peliharaannya, korban langsung membuka pintu kandangnya.
Betapa kagetnya korban, saat mendapati sapi miliknya sudah tidak ada,  pintu kandang terbuka dengan kunci, grendel dan palang kayu rusak bekas cukitan.  Saudara saya kaget saat melihat sapinya sudah tidak ada, “ kata Hata. Bahkan korban melihat pintu kandang telah dirusak.
Mengetahui sapinya raib, nasir kebingungan. Saking bingungnya, Nasir kembali masuk kedalam rumah. Iapun lantas membangunkan istrinya, dan menceritakan jika sapi di dalam kandang telah raib.
Mendengar cerita korban, istrinya langsung keluar  terus menuju kandang sapi. Sampai dikandang, istrinya juga kebingungan dan percaya kalau sapi miliknya benar – benar telah dibawa oleh maling.
“Istri Nnasir awalnya tidak percaya, tapi setelah melihat sendiri kondisi kandang yang kosong. Akhirnya ia hanya bisa bengong,” kata Hata lagi.
Hata sendiri mengetahui kejadian pencurian tersebut setelah di telpon oleh Nasir. Setelah itu, ia juga sempat menghubungi kepala dusun dan kepala desa setempat. Dalam waktu hampir bersamaan kata Hata, Kasun bersama Kades tiba dirumah korban bersama beberapa warga dan langsung memukul kentongan  yang menandakan jika sedang ada pencurian hewan.
Tak lama kemudian, puluhan warga yang lain  berdatangan kerumah korban, dan terus berbagi tugas dan langsung melakukan pengejaran dan pencarian dengan menyebar kebeberapa ruas jalan.  Sebagian warga melakukan pengejaran dan pencarian dengan mengikuti jejak kaki sebagian warga melakukan penghadangan di jalan tembus yang dimungkinkan akan dilewati oleh pelaku.
Upaya pengejaran terus dilakukan hingga ke desa tetangga mengikuti jejak kaki sapi, namun ketika sampi di batas Desa tetangga  warga kebingungan karena jejak kaki sapI hilang. Dan ahirnya warga memutuskan untuk pulang kerumah masing – masing.
Kapolsek Gucialit AKP. Bambang saat di komfirmasi Memo via telepon  mengatakan, informasinya jika 3 ekor sapi milik korban yang raib kemarin pagi sudah berhasil ditemukan oleh warga.3 ekor sapi milik korban sudah berhasil ditemukan oleh warga.” Ungkap Bambang Kapolsek Gucialit
Namun, Hata menegaskan, hingga saat itu informasi masih belum jelas. Apakah sudah ditemukan atau belum, yang pasti 3 ekor sapi milik korban yang raib hingga kemarin sore masih belum ada dirumah korban. ” 3 ekor sapi milik korban yang raib masih belum diketemukan,” Pungkas Hata.(cw7)