Sosialisasi dan Penyuluhan, Tumbuhkan Kesadaran Berlalu Lintas



Lumajang, Memo
Semakin membludaknya kendaraan  roda dua dan  roda empat  di kota pisang ini, semakin terlihat  berkurang nya  rasa kesadaran  berlalu lintas yang benar para pengguna kendaraan. Sehingga hal ini menjadi catatan  khusus Satlantas  Kepolisian Polres Lumajang.
Kasatlatas Lumajang AKP Ronny EY. saat di komfirmasi
Kasatlantas Polres Lumajang,  AKP Rony Edy Yusuf  ketika dikomfirmasi Memo mengatakan, salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan  lalu lintas di Lumajang, adalah rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas yang baik. Untuk itu,  pihaknya terus melakukan operasi  tertib berlalu lintas  dengan cara berpindah – pindah tempat.
Jajarannya melakukan operasi  dari   jalan  satu berpindah ke jalan yang lain, dengan harapan  semata – mata untuk membuat para pengguna jalan  raya bisa punya kesadaran untuk tertib berlalu lintas. Operasi ini dilakukan dijalan raya  kota maupun dijalan raya pedesaan.
Dalam operasi ini, jika ditemukan pengguna jalan melakukan pelanggaran yang melebihi batas, ia akan langsung mengambil tindakan dengan  memberikan surat tilang. “Jika hanya sepintas melakukan pelanggaran kita lakukan teguran dan peringatan,” katanya.
Lebih lanju Ronny menjelaskan, jika menemukan pelanggaran yang melebihi batas seperti memakai ban kecil, knalpot brong serta tidak memakai lampu penerangan dan lain – lain, ia langsung membawa kendaraan itu ke kantor.
Kendaraan yang kena razia dengan melakukan banyak pelanggaran seperti diatas, dipastika jika para pemilik hendak mengeluarkan kendaraan tersebut dengan syarat bisa menunjukkan surat – surat kendaraan yang asli, serta harus mengganti ban atau knalpot sesuai dengan standartnya. “Jika pajak STNK-nya mati, kita wajibkan untuk diperpanjang. Baru kalau semuanya sudah dilengkapi kendaraan bisa dikeluarkan,” tegasnya.
Sejauh ini, pihaknya lebih mengutamakan melakukan kegiatan pencegahan dengan cara seringnya memberikan himbauan, memasang spanduk dan lain – lain. Hal ini dilakukan semata – mata untuk memberikan pemahaman tata  tertib berlalu lintas yang  benar terhadap masyarakat.Karena kepolisian yang merupakan sebagian kecil dari rangka keselamatan dan ketertiban lalu lintas, dimana hal tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat secara langsung.
Padahal pihaknya juga sudah melakukan upaya – upaya secara intensif, bahkan melalui operasi – operasi yang digelarnya, juga seringkali memberikan himbauan baik melalui pemasangan spanduk juga melalui penyuluhan, secara langsung kepada masyarakat. “Namun, masih juga banyak terjadi pelanggaran lalu lintas.” Terangnya Rony
Untuk memaksimalkan  kinerjanya, jajaran Satlantas Pores Lumajang dalam waktu dekat akan melakukan pembinaaan dan penyuluhan terhadap masyarakat, instansi maupun terhadap pengguna jalan atau pemilik kendaran secara langsung.
Selain itu pihaknya juga akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan  pada sekolah – sekolah baik dalam kota maupun sekolah di pedesaan, mungkin dengan cara ini  kesadaran bisa tumbuh dan melekat sedini mungkin. 
“ Insallah terhitung mulai ahir bulan ini, kita akan melakukan sosialisai dan penyuluhan tentang tata tertib berlalu  lintas yang  baik bertempat di Batalyon 527 Lumajang, serta  membagi – bagikan helm.”Tutur Rony.(cw7)