KPUD Akan Segera Launching Pentahapan Pilkada


Lumajang, Memo
            Pentahapan Pilkada yang akan dihelat pada Mei 2013 nanti, rencananya minggu depan akan segera di launching oleh komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Lumajang. Dalam lounching nanti sekaligus penandatangan Naskah penjanjian hibah daerah (NPHD).
            Hal ini dijelaskan oleh Hery Sugiarto, Ketua KPUD Lumajang kepada sejumlah wartawan kemarin siang. Menurutnya, semua tahapan saat ini sudah disusun sebagai langkah persiapan Pilkada tahun depan.
            Saat ini ada beberapa hal yang belum clear, yakni beberpa konsep NPHD yang kedua KPUD masih perlu berkonsultasi lanjutan kepada KPU Propinsi, terkait beberapa tahapan yang memang harus di konsultasikan terlebih dahulu  ke KPU Propinsi.
Hery Sugiarto, ketua KPUD Lumajang
            Dalam launching nanti, segala tahapan yang akan dilalui akan dipublikasikan kepada semua partai politik, insane pers dan masayarakat luas. Ini agar masyarakat mengetahui apa saja tahapan yang dijalankan oleh KPUD.
            Pertahapan telah dirancang sebelumnya, sehingga ketika launching nanti, semuanya sudah beres. “Termasuk kapan rekruitmen PPK dan pendaftaran calon, semua ada tahapannya” ungkap Hery kepada sejumlah wartawan.
            Rencana launching akan dilakukan di halaman kantor KPUD, nantinya seluruh pengurus Parpon, tokoh masyarakat, pemerintah dan media massa, akan diundang untuk menyaksikan launching tahapan.
            Berikut mengetahui penandatanganan NPHD, karena anggaran hibah pemerintahj tersebut akan digunakan untuk biaya pentahapan Pilkada hingga selesai.”Kita akan membangun transparansi ke publik” ujar Hery.
            Untuk pemutakhiran data pemilih dan tahapan-tahapan yang lain, semuanya akan diekspos melalui media, juga melalui baliho-baliho dan selebaran. Ini untuk menyampaikan keterbukaan publik terhadap kinerja KPUD.
            Tahapan yang disampaiakan ke publik juga akan dilakukan secara detail, sehingga masyarakat tak lagi bertanya-tanya kapan dan sampai dimana tahapan Pilkada. Untuk baliho-pun, penempatannya akan dilakukan ditempat-tempat strategis.(ami)