Polres Sipakan Pengamanan Kontigensi


Lumajang, Memo
            Usai surat bupati tentang pelaksanaan Pilkades diluncurkan pada tanggal 12 yang lalu, jajaran kepolisian Lumajang terus melakuklan pengawalan dalam bentuk pengamanan. Karena dikhawatirkan akan terjadi konflik ditingkat bawah terkait surat tersebut.
Menurut Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Enu Sasmonang, setiap event atau kondisi seperti itu, memenang rawan terjadi konfilk atau kekerasan. Untuk itulah, maka petugas terus disiagakan di masing-masing wilayah untuk mengantisipasinya.
Kabag Ops Kompol Polres Lumajang Enu Sasmonang
“Untuk pelaksanaan Pilkades itu urusannya pemerintah, kita hanya sebatas melakukan pengamanan saja” ungkap Sasmonang. Dengan begitu, pihaknya yakin akan bisa meminimalisir konflik-konflik ditingkat bawah.
Apalagi sebelumnya, Kapolres sempat meminta agar dilakukan langkah kontigensi dalam pengamanan, sehingga dalam hal ini masing-masing rayon selalu siaga jika dibutuhkan. “Tanpa dimintapun kita akan tetap melakukan pengamanan, karena itu bagian dari tugas kami” tegasnya.
            Untuk sementara, pengamanan akn di back up oleh masing-masing rayon yang terdiri dari lima polsek. Baru jika situasinya tidak memungkinkan, maka petugas tambahan dari Polres akan diluncurkan.
            Saat ini menurut Sasmonang, satu peleton dalmas disigakan untuk pengamanan, belum lagi ditambah dari unsure bintara dan para staf yang siap untuk diterjunkan ke lapangan. “Semuanya telah siap” katanya lagi.
            Namun sejauh ini, menurutnya situasi ditingkat bawah dalam kondisi aman terkendalai, walaupun kadangkala sedikit terjadi kesalahpahaman, namun itu bisa mereka selasaikan dengan kepala dingin tanpa mengundang kericuhan.
            Situasi kondusif bukan hanya harapan petugas tapi menjadi harapan semua lapisan masyarakat, untuk itulah ia mengajak masyarakat bersama-sama menciptakan suasana seperti saat ini.(ami)