Dua Kubu PKB Datangi KPUD Lumajang


H-2 17 Parpol Sudah Serahkan Berkas

Lumajang, Memo
Pengurus PKB lengkapi data verifikasi dikantor KPUD
Sejumlah partai politik di Lumajang sudah mulai melengkapi berkat verifikasi di kantor KPUD. Hingga kemarin siang, sudah ada 17 parpol yang telah melengkapi berkas, baik itu parpol baru maupun parpol lama.
Sementara itu, yang menarik pada Jumat (28/9) siang ialah tentang dualisme kepemimpinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lumajang. Saat itu kedua kubu sama-sama melengkapi berkas kelengkapan verifikasi partai. Kendati berbeda pandangan, saat melengkapi berkas, kedua kubu terlihat akur dan .
Selang sehari sebelum batas akhir pemenuhan kelengkapan berkas verifikasi partai, kemarin siang ada tiga partai besar yang datang ke KPU. Diantaranya adalah Partai Demokrat, Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), dan Partai Kebangkitan bangsa. Namun yang banyak menjadi sorotan adalah penyerahan berkas PKB yang dilakukan dua kubu, yakni kubu Rofik dan Ali Mudhori.
Baihaqi sekretaris DPC PKB kubu Ali Mudhori juga menegaskan kedatangannya ke KPU adalah untuk melengkapi berkas verifikasi partai sesuai instruksi DPP PKB. “Kami lengkapi berkas DPC PKB Lumajang periode 2011 – 2016,” ujarnya kepada sejumlah wartawan saat PKB kubu Rofik melengkapi data di sekretariat.
Dia mengaku PKB Lumajang tetap satu, tidak ada PKB lain. Karena yang akan diverifikasi adalah PKB yang periodenya aktif yakni periode 2011 hingga 2016. Bukan periode yang sudah berakhir Desember 2011 yang itu adalah SK DPC PKB kubu Rofik.
Mengenai adanya kelengkapan berkas verifikasi dari kubu Rofik, Baihaqi menyerahkan pada hukum. “Kita lihat saja nanti putusan Mahkamah Agung. Karena sekarang masih Kasasi, tambahnya. Yang pasti dia yakin KPU akan berpedoman pada undang-undang dalam melakukan verifikasi. Yakni akan memverifikasi SK yang masih hidup.
Keyakinan itu muncul dibenak Baihaqi tidak lain karena PKB kubu Ali Mudhori memiliki SK yang sah dari DPP. Saat mentyerahkan berkas, alamat DPC yang dipakai ialah yang berada di Jalan Pisang Agung Lumajang.
Terpisah, Achmad Jauhari ketua LPP PKB yang mewakili PKB kubu Rofik mengatakan, pihaknya datang untuk mendampingi pengurus dalam melengkapi berkas. “Kami unsur kepanjangan fraksi PKB yang mendampingi pentahapan verifikasi parpol. Hari ini kekurangannya kami lengkapi,” ujarnya usai menyerahkan berkas di halaman kantor KPU Lumajang.
Kelengkapan berkas dilakukan karena sudah menjadi kewajiban partai. PKB yang diautentifikasi oleh KPU dan berdasar keputusan PN ini menurutnya telah menjalankan kewajiban partai. Mengenai adanya kubu Ali mudhori yang juga turut melengkapi berkas, menurutnya itu tidak menjadi masalah. “Ya saling melengkapi saja,” terangnya.
Yang pasti, Jauhari menilai, kepengurusan PKB versi Rofik, sudah ada rumusan dan Pentahapan kinerja partai sesuai petunjuk DPP. Dan mendapat autentifikasi dari KPU serta sesuai putusan PN Lumajang. Sehingga, pihaknya sedia turut melengkapi berkas dengan diikuti sedikitnya tujuh anggota fraksi PKB. Sedangkan alamat DPC ialah yang berada di jalan veteran Lumajang.
Yuyun Baharita, anggota KPU Lumajang divisi Logistik dan keuangan membenarkan  adanya penyerahan berkas dari tiga partai. Yakni Demokrat, PKB dan PKBIB. Mengenai akan menerima atau tidaknya berkas dari salah satu kubu DPC PKB lumajang, dia belum berani memastikan. “Belum tahu yang mana diterima. Karena menunggu Ketua dan anggota KPU yang saat ini masih di Surabaya,” katanya.
Walaupun demikian, hingga kemarin siang, dia mengaku sudah ada 17 partai politik yang menyerahkan berkas, baik itu partai baru maupun partai lama. Besok adalah batas akhir pelengkapan berkas. “Sisanya menunggu besok (hari ini.red). Kami tunggu sampai pukul 16.00,” jelasnya.
Memang saat itu Yuyun tidak berani untuk menjelaskan lebih jauh tentang dua kubu PKB yang ada di Lumajang, untuk itulah ia tetap bersikukuh agar para awak media menanykan langsung ke ketua KPUD. “Sekarang masih di Surabaya, sampean telpon saja, Mas” tegasnya lagi.(ami)