Dikejar Warga, Maling Sapi Tinggalkan Hasil Curiannya


Lumajang, Memo
Aksi pencurian sapi nampaknya masih berkutat di daerah utara saja, kali ini korbannya bernama Supai’i ( 55), asal Dusun Darungan Tengah, Desa Curah Petung, Kecamatan Kedungjajang, korban baru mengetahui jika sapi miliknya raib sekitar pukul 22.30 WIB kemarin malam, saat hendak memberikan pakan seperti biasanya.
Seekor sapi yang berhasil ditemukan
Kaget bukan kepalang saat melihat sapi tersebut sudah raib, bahkan dengan spontan langsung berteriak – teriak maling, teriakannya hingga membuat warga sekitar rumahnya terbangun dari tidurnya. Seketika itu juga, ia membangunkan istrinya dan keluarganya, selanjutnya korban melaporkan kejadian ini kepada Kepala Dusun setempat dan selanjutnya dilaporkan ke Mapolsek Kedungjajang.
Bersamaan dengan itu, puluhan warga yang mendengar teriakan korban langsung berdatangan kerumah korban untuk mengetahui kejadian tersebut lebih lanjut. Puluhan warga malam itu lengkap dengan membawa senter, pentungan bahkan senjata tajam, warga kemudian berkumpul di halaman rumah korban.
Tak lama kemudian, petugas Polsek Kedungjajang tiba dilokasi, setelah mendengar keterangan dari korban, meraka kemudian bergabung dengan puluhan warga, untuk ikut bersama – sama dalam melakukan upaya pengejaran terhadap pelaku.
Puluhan warga yang tak lain tetangga korban, bersama beberapa petugas melakukan pengejaran dengan dibagi beberapa kelompok. Seperti  kelompok yang melakukan pencarian ke sudut – sudut desa, kelompok yang melakukan dengan mengikiuti jejak kaki sapi dan kelompok yang melakukan pengejaran dengan cara memblokade jalan.
Informasi yang berhasil dihimpun Memo, pengejaran dan pencarian terus dilakukan oleh hingga pukul 00.30 WIB pagi hari, namun pelaku  serta seekor sapi milik korban belum juga ditemukan oleh warga. Bahkan upaya pengejaran dan pencarian terus dilakukan hingga ke tepi lereng curah yang berbatasan dengan desa lain.
Berkat kekompakan dan keberanian serta kepedulian warga, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, ahirnya upaya pengejaran dan pencarian membuahkan hasil, warga menemukan seekor sapi milik korban yang berada di dalam curah, kondisi sapi tersebut saat itu diikat disebuah pohon yang terletak di dalam curah Desa Kebonan, Kecamatan Klakah.
Di duga, sapi tersebut akan dibawa keluar desa, namun karena takut keburu ketangkap oleh puluhan warga yang melakukan pengejaran, pelaku akhirnya kabur dan meninggalkan sapi curiannya.
Sapi itu oleh warga bersama petugas  kemudian dibawa pulang, korban yang melihat sapinya telah kembali. Korban terlihat gembira, karena sapi tersebut tinggal satu – satunya harta korban yang tersisa saat ini.
Kapolsek Kedungjajang AKP. Dodik Suwarno ketika dikomfirmasi Memo menjelaskan, pihaknya mendapat informasi kalau ada pencurian hewan diwilayahnya dari warga setempat. “Saat itu juga saya bersama 3 anggota langsung menuju ke rumah korban, tiba disana tidak tahunya puluhan warga sudah memadati rumah korban.” Ungkap Dodik
Seekor sapi milik korban berhasil ditemukan, setelah bebarapa jam kemudian oleh puluhan warga bersama beberapa anggotanya. Sapi tersebut langsung diserahkan kembali kepada pemiliknya. “Keberhasilan ini  tidak lepas dari sebuah kekompakan dan kerjasama antara warga dengan petugas.” Pungkasnya.(cw7)