Calon Jamaah Haji Lumajang Tidak Berangkat Serentak


Lumajang. Memo
            Sedikitnya 998 calon jemaah haji asal Lumajang akan diberangkatkan pada tanggal 13 Oktober mendatang. Seluruh jemaah haji ini masuk dalam kloter 62, 63 dan 64. Saat ini seluruh kelengkapan dokumen jemaah telah siap 100 persen.
Mudhofar Kasi haji kemenag Lumajang
            Menurut Mudhofar, Kasi haji kementrian agama Lumajang, saat ini penyelesaian akhir seperti paspor dan pemeriksaan kesehatan secara gratis juga telah selesai dilaksanakan. Bahkan pemberian faksin manginitis juga telah dilakukan kepada seluruh calon jamaah haji yang ada, sebagai syarat masuk ke negara Arab.
            Rencananya dalam waktu dekat atau tanggal 2 oktober nanti, akan dilakukan manasik missal atau akbar bertempat distadion semeru Lumajang. Sekaligus itu untuk mengakhiri manasik haji tingkat kelompok yang dilakukan oleh Kecamatan dan KBIH.
            Yang menjadi persoalan yang dihadapai kemenag ialah mempersiapkan jadwal keberangkatan para calon jemaah haji. Pasalnya, yang terjadi di Lumajang saat ini, ada tiga jadwal keberangkatan yang berbeda dalam satu hari.
            Pada kloter 62, para CJH berangkat pada pagi hari, siangnya adalah kloter 63 dan pada sore harinya giliran kloter 64. “Tapi kita sudah berkirim surat ke propinsi untuk menyamakan keberangkatan para CJH” katanya.
            Ia berharap agar surat tersebut mendapat respon dan disetujui oleh propinsi, sebab ia menginginkan para CJH berangkat secara serentak seperti tahun-tahun kemarin. Waktu yang akan dipakai kemungkinan pada siang hari, berangkat secara serentak.
            Dengan keberangkatan yang bersama-sama, para panitia akan efektif dalam melaksanakan keberangkatan. Dari 998 jamah, ada dua orang jamaah yang berangkat dari Surabaya.
            Sejauh ini, ada satu calon jamaah yang akan mengundurkan diri, ini tidak lain karena istri calon jamaah tersebut baru bisa berangkat pada tahun 2013. “kabarnya akan mengundurkan diri, tapi kita belum mendapat konfirmasi lebih lanjut dari yang bersangkutan.” Jelasnya.(ami)