Banyak Pelanggar Lalin Terjaring Razia


Lumajang, Memo
            Sejak seminggu yang lalu, secara berturut-turut jajaran satlantas Polrers Lumajang menggelar razia di beberapa titik di kabupaten Lumajang. Tak pelak dari razia tersebut, tak sedikit para pengendara terjaring razia petugas.
            Sejumlah pelanggar yang terjaring razia cukup berfariatif. Aad penmgebndara yang tidak membawa STNK, SIM, helem, tanpa lta nomor, dan kendaraan protolan. Jika kondisi seoperti ini, maka petrugas akan memberikan tindakan tegas pada pelanggar.
            Sebenarnya, razia selama tujuh hari berturut-turut ini sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas. Petugas agan memberi sangsi teguran bagi para pelanggar lalu lintas.
            Namun jika para pelanggar tersebut tergolong klasifikasi masuk dalam pelanggaran berat, maka petugas tidak lagi memberi sangsi teguran, melainkan langsung memberi tindakan. “Kalau ringan-ringan, kita hanya memberi teguran,” ujar Iptu Ponsen Dadang KBO Lantas yang saat itu memimpin razia.
Petugas saat menggelar razia di beberpa titik kota
             Seperti halnya razia yang digelar pada Senin (24/9) di depan hotel Lumajang, ada dua sepeda motor yang akhirnya diamankan oleh petugas. Diketahui, kedua sepeda motor tersebut dikendarai oleh para pelajar SMA di Lumajang.
            Kedua kendaraan tersebut harus diamankan di kantor satlantas Lumajang karena kondisinya sudah tidak layak pakai. Pengendara tidak memakai helem dan tidak dilengkapi surat-surat lengkap.
            Selain itu kondisi sepeda motor juga protolan, bahkan kedua ban memakai ban kecil sehingga membahayakan pengendara itu sendiri. “Kalau seperti ini juga membahayakan pengguna jalan yang lain” ujar Dadang lagi.
            Lebih jauh dadang mengatakan, jika pemilik kendaraan bisa menunjukkan surat-surat lengkap dan mau memasang kelengkapan kendaraan sesuai standarnya, maka ia mempersilahkan pemilik untuk mengambil di kantor Satlantas.
            Padahal menurutnya, sudah beberpa kali pihak satlantas melakukan sosialisasi kebeberpa sekolahan di Lumajang tentang pentingnya tertib lalu lintas, sayangnya masih saja banyak pelajar yang tidak mengidahkan keselamatan saat berada di jalan.(ami/cw7)