Atasi Kekeringan Distribusikan Air Ke Warga


Lumajang, Memo
            Untuk mengatasi sejumlah kekeringan di kabupaten Lumajang akibat kemarau panjang ini, pemerintah daerah bersama beberapa lembaga dan instansi yang lain saling bahu membahu mendistribusikan air ke warga yang mengalami musibah kekeringan.
            Sejumlah wilayah yang menjadi taget pendistribusian air bersih antara lain, Kecamatan Klakah, Ranuyoso, Kedungjajang, Padang, Gucialit dan beberapa kecamatan-kecamatan lainnya. Distribusi tersebut akan dilakukan secara terus menerus karena itu menjadi kebutuhan utama warga setempat.
            Bahkan selain mendistribusikan air, Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Lumajang, juga mendistribusikan sejumlah paket sembako bagi warga Miskin. Ini dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat tidak mampu.
            Edy Wahono, salah satu pengurus PMI Lumajang, untuk pendistribusian paket sembako, pihaknya sengaja memilih dan memilah, warga yang benar-benar membutuhkan, sehingga bantuan tersebut akan diterima bagi warga yang benar-benar membutuhkan.
            Sementara itu untuk sasaran distribusi air bersih, awalnya PMI mendistribusikan ke Kecamatan Padang dan Gucialit, baru setelah itu menuju kekawasan wilayah utara Lumajang. “Targetnya wilayah barat dan utara Kabupaten Lumajang.” Katanya.
Atasi Kekeringan Distribusikan Air Ke Warga
            Jumlah air yang didistribusikan juga disesuaiakn dengan kebutuhan masyarakat setempat, kalau memang kebutuhan masyarakat adalah 3 tangki, maka pihaknya akan mendistribusikan sebanyak itu.
            Distribusi itu dilakukan secara terus menerus hingga musim penghujan datang, sebab masyarakat saat ini sangat membutuhkannya. “Kalau tidak begini, darimana masyarakat akan dapat air.” Katanya lagi.
            Bahkan karena sumber air dibeberpa wilayah di Lumajang sudah mulai mengecil, maka ia sengaja bekerjasama dengan PDAM untuk melakukan pendistribusian air, termasuk beberapa truk tangki yang dipergunakan.
            Terpisah, Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar membenarkan jika beberapa wilayah di Lumajang mengalami musibah kekeringan, sehingga sulit mendapatkan air. “Ada empat kecamatan yang mnjadi target utama, yaitu Kecamatan Randuagung, Ranuyoso, Klakah dan Gucialit.” Ujar Masdar.
            Empat buah tangki diturunkan untuk mendistribusikan kebutuhan air bagi masayarakat yang membutuhkan, dan itu dilakukan hingga masyarakat tidak lagi kebingungan akan kekurangan air.
            Dalam pendistribusian air, ada beberapa pihak yang dilibatkan, seperti halnya, PMI, BPBD, Kantor Sosial dan PDAM. “Kita juga melakukan pengeboran disejumlah desa untuk mendapatkan mata air baru.” Kata Masdara lagi.(ami)