Arca Lingga Yoni Masuk Nominasi Terbaik Jatim


Lumajang, Memo
Nampaknya masyarakat Lumajang perlu perlu berbangga diri. Pasalnya, salah satu peninggalan sejarah di Lumajang, kini dinyatakan sebagai peninggalan terbaik se Jawa timur.
Arca Lingga yoni yang masuk nominasi
Salah satu berda bersejarah itu ialah, Arca Lingga Yoni Altar Naga, berada di situs Candi Kedhong Putri, di Dusun Sumber Rejo, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro. Arca tersebut masuk 10 nominasi terbaik  Koleksi Unggulan Museum se-Jawa Timur Tahun 2012. Pasalnya, arca lingga peninggalan masa hindu di Lumajang ini, memiliki nilai historis, arkeolog dan antropologi.
Arkelogo publik Lumajang, Aries Purwantiny mengatakan, Arca lingga yoni altar naga yang ditemukan di kaki Gunung Semeru memiliki ciri khas yang luar biasa dibanding lingga lainya. Proses pembuatan yang sangat detail, sehingga sebuah karya lokal jenius. "Pahatan dan bentuknya beda sekali," jelas Aries yang aktif di LSM MPPMT pada wartawan.
Dia menambahkan, ukiran naga yang ada dilingga sangat beda dengan lainya. Karena motif dan ornamen naga tidak lagi menyeramkan atau sedang marah. "Perkiraan saya, naga dilingga ini seorang perempuan," ungkapnya.
Dalam Lomba Diskripsi Koleksi Unggulan Museum se Jawa Timur Tahun 2012, arca lingga yoni altar naga menjadi perhatian Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Jatim sebagai koleksi museum yang luar biasa. Apalagi, dalam perkembangan hindu, Gunung Semeru dikenal sebagu punjer atau tempat suci dalam kosmologi.
"Semeru dalam budaya hindu dikenal dewa Ancalapati atau siwa," jelas Aries. Konsep museum di Lumajang adalah museum terbuka, karena banyak peninggalan sejarah yang masih insitu. "Jadi Lumajang masih kaya akan peninggalan yang perlu dilestarikan oleh masyarakat bersama pemerintah," pungkas perempuan berkerudung ini.(ami)